JawaPos Radar

Tak Wajar Rupiah di Level Rp 14.500, Harusnya Rp 13.700 per USD

24/07/2018, 16:52 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Tak Wajar Rupiah di Level Rp 14.500, Harusnya Rp 13.700 per USD
Rupiah kalah perkasa dari Dolar AS (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) saat ini telah menembus ke level 14.500 per USD. Level ini bukanlah rentang psikologis nilai tukar Rupiah.

"Kalau berkaca pada pertumbuhan ekonomi, inflasi, devisa, tidak layak Rupiah itu Rp 14.400. Berarti masih ada persepsi yang kurang tepat terhadap Rupiah," ujar Ekonom Universitas Gadjah Mada (UGM), Tony Prasetiantono di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (24/7).

Tony menjelaskan, rentang level fundamental Indonesia yang wajar di Rp 13.700 hingga Rp 14 ribu. Sehingga, masih ada ruang bagi Rupiah untuk kembali pulang ke level tersebut.

Tony mengatakan, setidaknya tiga sentimen yang mempengaruhi fluktuasi rupiah hingga selemah itu. Diantaranya, kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral Amerika Serikat The Federal Reserve (The Fed) yang akan diprediksi setelah Gubernur The Fed Jerome Powell memberikan sinyal kenaikan suku bunga melalui pernyataan tingkat inflasi AS sesuai target.

Sebagai informasi, selama 2018, The Fed tercatat telah menaikkan suku bunga sebanyak dua kali sehingga Fed Fund Rate (FFR) saat ini berada di rentang 1,75-2 persen. The Fed diperkirakan akan mengerek tingkat suku bunga sebanyak dua kali lagi sehingga dalam satu tahun ada empat kenaikan FFR.

Selain itu, lanjutnya, sentimen perang dagang serta kenaikan harga minyak dunia juga turut memberatkan Rupiah. "Itu memberikan persepsi ke Rupiah. Rupiah terdepresiasi lebih besar cenderung emerging market yang lain," tandasnya.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up