JawaPos Radar

Menhub Masih Kaji Rencana Penutupan Gerbang Tol Saat Asian Games

24/07/2018, 20:24 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Menhub Masih Kaji Rencana Penutupan Gerbang Tol Saat Asian Games
Menhub Budi Karya Sumadi (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Upaya untuk melakukan penutupan gerbang tol selama 30 menit tengah dikaji Kementerian Perhubungan. Langkah itu merupakan upaya dalam memudahkan kelancaran perjalanan para atlet Asian Games.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, Kemenhub bersama pihak terkait tengah melakukan diskusi terkait rencana tersebut. Menurutnya, upaya dalam memberi kemudahan kepada para atlet perlu dilakukan dengan hati-hati.

"Saya secara khusus sampaikan begitu, oleh karena itu saya akan evaluasi apa-apa yang di lakukan karena kita juga punya dua tugas," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR, Selasa (24/7).

Upaya itu juga mempertimbangkan hal yang baik kepada masyarakat. Terkait 19 gerbang tol yang akan ditutup, Menhub Budi juga belum bisa memastikan.

“Saat ini kami belum pastikan 19 gerbang tol itu akan seperti apa. Dalam satu minggu kita akan evaluasi,“ jelasnya.

Sementara itu, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan hal senada. Pihaknya telah mengusulkan 19 gerbang tol untuk ditutup sementara waktu. Saat ini, usulan tersebut tengah dikaji.

Dalam usulan tersebut, nantinya akan terdapat 10 titik gerbang tol yang ditutup pada pagi hari, dan pada sore hari hanya 9 titik.

“Jadi kementerian PUPR kan lagi mengkaji. Kita tunggu keputusan dari Kementerian PU, Kemarin sudah ujicoba,” katanya.

Andai kata usulan itu ditolak, BPTJ telah memiliki rencana lain. Salah satu rencana yang disiapkan adalah dengan mengoptimalkan personel kepolisian melalui pengawalan atau Voorijder.

"Kemudian ada rencana lagi menggunakan ring roadnya. Ini kan separuh buat masyarakat separuh buat Asian games," tambah Menhub.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up