JawaPos Radar

Dihantam Dolar AS, Rupiah Masih Sulit Bergerak

24/05/2018, 08:42 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Dihantam Dolar AS, Rupiah Masih Sulit Bergerak
ilustrasi. Dolar AS makin perkasa. (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pergerakan nilai tukar mata uang Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) kembali tertahan. Meski kondisi dari dalam negeri dapat dianggap masih cukup baik, nyatanya tidak cukup untuk menahan pelemahan Rupiah.

"Pergerakan variatif pun dimungkinkan kembali terjadi. Rupiah diestimasikan akan bergerak dengan kisaran support Rp 14.215 dan resisten Rp 14.190," ujar analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Kamis (24/5).

Reza menjelaskan, pergerakan Rupiah kembali melemah seiring dengan terapresiasinya USD. Meningkatnya laju nilai tukar USD terjadi setelah adanya rilis data ekonomi Zona Eropa yang mengindikasikan melambatnya aktivitas bisnis di kawasan tersebut.

"Tidak hanya itu, melemahnya laju EUR juga terjadi setelah merespons negatif kondisi politik di Italia," tuturnya.

Sementara itu, lanjutnya, dari dalam negeri belum adanya sentimen yang secara positif mampu mengangkat Rupiah secara signifikan.

"Adanya pernyataan menenangkan dari Menteri Koordinator Bidang Maritim RI Luhut Binsar Pandjaitan yang menyatakan, pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dolar yang sudah menyentuh Rp 14.200 per USD tak perlu dikhawatirkan, kurang cukup menahan pelemahan yang terjadi," tandasnya.

(ce1/mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up