alexametrics

Dolar Dihantam Isu Negatif, Rupiah Kembali Berkibar

24 Januari 2019, 12:31:40 WIB

JawaPos.com – Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) siang ini mulai menguat. Mengutip yahoofinance, Rupiah kalahkan Dolar di level 14.145.

Analis Samuel Sekuritas Ahmad Mikail mengatakan, pelemahan Dolar dipicu berbagai isu negatif yang membayangi ekonomi AS. Di antaranya yaitu partial government shutdown yang telah berlangsung selama 33 hari.

Menurutnya, hal tersebut dapat menekan pertumbuhan ekonomi AS serta kembalinya ketidakjelasan proses perundingan antara AS-Tiongkok, terkait masalah perang dagang. Semua itu menekan kinerja Dolar terhadap berbagai mata uang kuat dunia lain yaitu Yen, Sterling dan Euro. 

Penguatan Yen terhadap Dolar terbantu setelah Bank of Japan (BOJ) kembali melanjutkan program stimulus moneter akibat inflasi yang masih cukup rendah di Jepang. 

Penguatan Yen tersebut kemungkinan akan berdampak positif terhadap pergerakan Rupiah hari ini selain karena kemungkinan masuknya investor asing ke pasar obligasi dan saham Indonesia didorong positifnya pergerakan bursa saham AS kemarin.

“Tercatat S&P 500 naik 0,22 persen semalam,” tuturnya.

Pihaknya memperkirakan, Rupiah kemungkinan menguat ke level Rp14.150 per USD-Rp 14.180 per USD.

 

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Romys Binekasri

Dolar Dihantam Isu Negatif, Rupiah Kembali Berkibar