alexametrics

Jadi Penerus Susi, Edhy Prabowo: Saya Tak akan Gegabah Ambil Keputusan

23 Oktober 2019, 15:56:39 WIB

JawaPos.com – Acara pisah sambut Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti kepada penggantinya Edhy Prabowo berlangsung secara sederhana. Panggung minimalis dengan backdrop biru dihiasi foto Susi Pudjiastuti dan Edhy Prabowo.

Dalam acara itu, Susi tampil anggun mengenakan blus hitam dan selendang dominasi biru. Kepada Edhy Prabowo, Susi ingatkan pentingnya menjaga kedaulatan laut Indonesia.

“Menjaga kedaulatan laut bagi bangsa serta masyarakat Indonesia. Laut sumber kehidupan, sumber protein yang mudah dijangkau accessible. Kalau tambang itu butuh biaya besar. Mancing ikan di laut bisa di mana saja,” kata Susi di Aula KKP, Jakarta Pusat, Rabu (23/10).

Sepanjang memimpin KKP, Susi telah menenggelamkan 558 kapal pelaku illegal fishing dari berbagai negara. Mulai dari Vietnam, Thailand, Tiongkok, Filiphina, Malaysia, dan lainnya.

Kepada Edhy, Susi juga meminta agar menjaga neraca perdagangan perikanan Indonesia. Saat ini, Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan neraca perdagangan perikanan terbesar di Asia Tenggara. Ini menjadi pencapaian terbaik Susi selama memimpin KKP.

“Jangan lagi memunggungi lautan. Saat ini, neraca perdagangan perikanan nomor satu di Asia Tenggara. Pertahankan supaya tetap nomor satu,” tegasnya.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo berjanji melanjutkan kebijakan Susi termasuk soal penenggelaman kapal pelaku illegal fishing. Namun, ia akan lebih banyak berkomunikasi dengan pemangku kepentingan terkait.

“Saya tidak akan gegabah mengambil keputusan. Saya terlebih dahulu meminta masukan dari para ahli, pakar, dan pejabat eselon II, III di KKP,” kata politikus Partai Gerindra ini.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Abdul Rozak



Close Ads