alexametrics

Penataan Jalur Distribusi Pangan, DPR: Daerah Jangan Khawatir Defisit

23 Mei 2020, 15:22:53 WIB

JawaPos.com – Keseriusan kerja dan jaminan dari Kementerian Pertanian (Kementan) menyangkut pembenahan sistem jalur distribusi pangan selama masa pandemi wabah virus Covid-19 disambut baik Komisi IV DPR. Pembenahan ini dianggap DPR sebagai sebuah penanda bahwa masyarakat tak perlu khawatir kehabisan bahan pangan.

“Setiap daerah di Indonesia tidak perlu khawatir akan kekurangan bahan pangan. Mentan Syahrul Yasin Limpo telah menjelaskan bahwa koordinasi antar-instansi pemerintah dilakukan. Itu cukup positif,” ujar anggota Komisi IV DPR Charles Meikyansyah, Sabtu (23/5).

Menurutnya, tersedianya bahan pangan pada saat situasi krisis pandemi wabah virus Covid-19 sekarang merupakan aspek yang amat utama. Sebab, terkait dengan kehidupan masyarakat sehari-hari.

“Kiranya Mentan tidak ingin main-main dengan amannya stok pangan nasional, apalagi pada kondisi Lebaran. Di data wilayah mana yang perlu segera didistribusi pangan dan menggandeng institusi pemerintahan lainnya,” tuturnya.

Charles mengungkapkan, perbaikan jalur distribusi pangan yang dikerjakan Kementan dan instansi lainnya ikut pula berpengaruh baik pada stabilitas ekonomi nasional karena meminimalisasi defisit di daerah.

Sebelumnya, Syahrul Yasin Limpo menjelaskan, kementeriannya bersama Kementerian Perdagangan dan Bulog terus menata perbaikan jalur distribusi pangan guna memastikan terpenuhinya 11 komoditas bahan pokok utama.

Syahrul Yasin Limpo meminta agar daerah yang sedang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak mempersulit akses masuk distribusi bahan pokok.

Selain itu, Syahrul Yasin Limpo juga menyebutkan, telah menginventarisir daerah mana saja yang perlu cepat distribusi pangan sekaligus kebutuhan komoditasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads