alexametrics

Optimalisasi Alsintan, DPR: Pertanian Dapat Beri Keuntungan Besar

23 Mei 2020, 15:33:35 WIB

JawaPos.com – Dorongan optimalisasi penggunaan alat mesin pertanian (alsintan) serta distribusinya yang terus gencar dilakukan pemerintah Indonesia bakal membentuk sektor agraris di Tanah Air menjadi usaha amat menguntungkan. Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel mengatakan, pertanian akan dikelola profesional dan memberikan banyak keuntungan.

“Rasanya Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan langkah tepat mengenai pemanfaatan alsintan,” ujarnya dalam keterangannya, Sabtu (23/5).

Rachmat menuturkan, ke depannya pola bertani di Indonesia sudah seharusnya dikerjakan oleh generasi muda secara mayoritas. Oleh sebab itu, kata Rachmat, akses kemudahan penggunaan alsintan bisa jadi salah satu strateginya

“Kalau dapat dilakukan, generasi muda Indonesia juga patut menyukai dunia kerja pertanian. Alsintan adalah modernisasi dan generasi muda dapat memanfaatkannya,” ucapnya.

Sebagai informasi, Mentan Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan bahwa sejak tahun 2014 sampai 2019 pihaknya telah menyalurkan alsintan pra panen sebanyak 447.047 unit. Distribusi alsintan terdiri dari traktor roda 2, traktor roda 4, cultivator serta pompa air.

Selain itu, Kementan juga memfasilitasi layanan jasa alsintan dalam bentuk program sewa alat, jasa olah tanah, jasa tanam, jasa panen dan simpan pinjam.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads