alexametrics

Untung Rugi Jika Sandiaga Beli Kembali Saham Indosat

23 Maret 2019, 19:12:47 WIB

JawaPos.com – Jelang hari pencoblosan yang semakin dekat, para capres dan cawapres terus melakukan manuver. Namun semua wacana yang dilemparkan dari kedua kubu perlu dikaji lebih dalam. Salah satunya soal rencana buyback (membeli kembali) saham Indosat yang dijanjikan Cawapres 02, Sandiaga Uno.

Isu mengenai buyback saham Indosat bukan pertama kali dijadikan komoditas politik. Sebelumnya, Capres petahana Joko Widodo juga pernah melontarkannya saat Pemilu 2014 lalu. Lalu apa sih untung ruginya kalau Indosat direbut kembali?

Sekadar mengingatkan, sebelumnya Indosat dijual pada 2002 lalu kepada Temasek Holding Company asal Singapura. Harga sahamnya Rp 5,6 triliun saat itu. Analis Profindo Sekuritas Dimas Wahyu mengatakan saat ini Qatar melalui Ooredoo menguasai sekitar 65 persen Indosat senilai USD 2,5 miliar.

“Katakanlah Ooredoo mau melepas kembali kepemilikannya 65 persen (maka) senilai USD 2,5 miliar atau Rp 35 triliun,” terangnya saat dihubungi JawaPos.com, Sabtu (23/3).

Dalam kasus buyback ini, kata Dimas, pastinya Ooredoo punya hitung-hitungan bisnis di Indonesia. Buktinya Indosat merupakan penopang terbesar yakni 40 persen pendapatan grup dari 11 negara dengan jumlah pelanggan 65 juta. “Tentunya Ooredoo tidak akan melepas Indosat dengan murah,” kata dia.

Pada kondisi tersebut diperlukan kejelian jika pemerintah hendak membeli kembali saham Indosat. Kendati begitu, pemerintah bisa mendapat keuntungan jika dibeli untuk jangka panjang. 

Sebab, jumlah data pelanggan bisa sangat potensial buat perkembangan bisnis ke depannya. Walau kinerja Indosat yang rugi Rp 2,5 triliun masih jauh dibandingkan dengan keuntungan Telkomsel yang mencapai Rp 18 triliun sepanjang 2018 lalu.

“Kalau secara langsung diambil alih (nasionalisasi) kurang etis karena big data playernya sudah ada di Telkom. Poinnya sih untuk mengamankan data client (sebab) jika ditotal Telkomsel dan Indosat bisa 215 juta pelanggan,” jelasnya.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Uji Sukma Medianti

Copy Editor :

Untung Rugi Jika Sandiaga Beli Kembali Saham Indosat