alexametrics

Tips Bagi Perusahaan Agar Iklim Kerja Menyenangkan Bagi Milenials

23 Maret 2019, 13:35:13 WIB

JawaPos.com – Memiliki lingkungan kerja yang nyaman dan mampu menjadi tempat untuk mengembangkan diri, merupakan idaman hampir seluruh karyawan. Namun untuk mewujudkan hal tersebut harus ada komitmen tinggi dari perusahaan. Milenial, dikenal dengan semangatnya yang menggebu dan kemampuan kreativitasnya yang baik.

Anggapan milenial sering berpindah kerja dengan mudah, sulit berada di bawah tekanan, dan mudah menghadapi konflik antar karyawan bisa diatasi jika iklim kerja yang tercipta nyaman untuk mereka. Sehingga gap antara atasan dan bawahan tidak membuat batas yang menjadi kaku untuk mereka.

Salah satu perusahaan perbankan, Amar Bank, Bank pelopor Financial Technology (fintech) dengan produknya Tunaiku, mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dan menciptakan lingkungan kerja yang menginspirasi merupakan komitmen utama bagi perusahaan, sesuai dengan moto Amar Bank, ‘Learn More, Earn More, Have Fun!’. Suasana kerja yang nyaman akan meningkatkan performa perusahaan itu sendiri.

“Setiap perusahaan memiliki budaya kerjanya masing-masing. Budaya kerja di Amar Bank merupakan gabungan dari budaya kerja perusahaan rintisan (startup) dan budaya kerja perusahaan atau organisasi besar,” kata Managing Director Amar Bank Vishal Tulsian baru-baru ini.

Mengapa demikian, menurut Vishal, karena pada umumnya sebuah perusahaan atau organisasi besar lebih fokus terhadap kesenjangan (gap) kinerja dan sudah memiliki standar tersendiri yang harus dipertahankan. Sederhananya, startup bukan hanya menjadi ‘tampilan’ saja melainkan menjadi ‘pola pikir’.

“Beberapa karakteristik yang dapat diunggulkan dari pola pikir ini adalah kemampuan untuk melakukan eksperimen dan berani mengambil resiko,” ujarnya.

Indonesia sebagai negara dengan populasi penduduk terbesar keempat di dunia, berdasarkan data dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) memiliki 63 juta milenial (rentang usia antara 20 hingga 35 tahun) yang merupakan usia produktif. Tentunya milenial memiliki peran yang besar pada era bonus demografi.

Generasi ini dikatakan akan memegang kendali atas roda pembangunan yang diharapkan dapat membawa Indonesia menuju ke arah pembangunan yang lebih maju dan dinamis. Bonus demografi tersebut memang membawa manfaat yang besar bagi sebuah negara. Untuk itu, perusahaan perlu menciptakan lingkungan kerja yang memiliki nilai lebih bagi generasi ini.

Terkait lingkungan kerja, ada empat hal yang diharapkan pekerja muda khususnya milenial dan Gen Z menurut hasil survey Deloitte Millennial 2018 yaitu; to be more diverse, flexible, nurturing of and generous. Empat hal ini adalah kunci perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang dapat membuat generasi milenial dan generasi Z lebih produktif.

Human Resource atau Head of People Function Amar Bank Ratna Julia mencontohkan beberapa solusi yang bisa membuat iklim kerja menjadi nyaman. Misalnya perusahaan tersebut memberlakukan Birthday Challange atau tantangan ulang tahun kepada karyawan yang berulang tahun. Atau seringkali menggelar chit chat atau saling sharing tentang hobi, atau pembicaraan di luar pekerjaan.

“Satu lagi cara kami untuk mencegah gap yakni kami mengatur tempat duduk open space atau terbuka. Tak ada tempat spesial untuk atasan atau bawahan. Bahkan tiap pekan bangku kamu rolling agar masing-masing tak ada gap,” tutup Ratna. 

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Marieska Harya Virdhani

Tips Bagi Perusahaan Agar Iklim Kerja Menyenangkan Bagi Milenials