alexametrics

BEI dan Platform Digital Edukasi Soal Investasi & Perencanaan Keuangan

23 Februari 2021, 10:39:39 WIB

JawaPos.com – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bekerja sama dengan Platform investasi digital Ajaib Sekuritas untuk mengadakan 1.000 Program Generasi Saham mulai bulan ini. Ajaib Sekuritas akan menjalankan 1.000 acara edukasi literasi keuangan melalui Sekolah Pasar Modal (SPM) dengan Kantor Perwakilan BEI di berbagai wilayah, dan pendirian Galeri Investasi BEI.

Kegiatan ini akan fokus pada daerah-daerah di Indonesia yang masih memiliki tingkat literasi keuangan yang rendah. Sejauh ini, acara sudah berjalan sampai ke Nusa Tenggara Barat dan Pulau Bangka. Program ini adalah kampanye edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya investasi saham dan perencanaan keuangan sejak dini bagi masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial.

Direktur Pengembangan BEI Hasan Fawzi mengatakan, masa depan pasar modal Indonesia bergantung pada kematangan berinvestasi generasi milenial serta generasi Z yang menjadi target utamanya.

“Sebagaimana halnya peningkatan literasi sekaligus edukasi yang selama ini kami lakukan bersama stakeholders pasar modal lainnya, kami juga mendukung program literasi dan edukasi yang dilakukan oleh Ajaib Sekuritas,“ ujarnya dalam keterangannya, Selasa (23/2).

CEO Ajaib Group Anderson Sumarli mengatakan, inisiatif literasi keuangan ini guna menyeimbangkan antara edukasi dengan pertumbuhan investor saham baru yang sangat signifikan. Sepanjang tahun 2020 tercatat ada penambahan sebanyak 590.658 SID saham baru, tumbuh 53,47 persen dibanding tahun 2019. Sebanyak 70 persen dari total investor saham baru pada 2020 didominasi kalangan milenial dengan rentang usia 18-40 tahun.

“Dengan edukasi, maka kualitas investor saham domestik akan meningkat sehingga inklusi pasar modal dalam negeri juga meningkat,” tuturnya.

Ia optimistis ke depan pasar modal tanah air akan tumbuh pesat dengan jumlah investor ritel domestik terus meningkat dan yang berkualitas.

“Program edukasi sangat penting untuk memastikan generasi muda Indonesia memahami pentingnya berinvestasi sejak dini. Untuk itu kami mendukung BEI dalam mengedukasi masyarakat,” jelasnya.

SPM sendiri merupakan program edukasi yang dilakukan secara berkala oleh BEI dan tersebar di seluruh Indonesia. Masyarakat umum dapat menjadi peserta kegiatan edukasi tanpa dipungut biaya. Lewat SPM peserta akan diajarkan pengetahuan dasar pasar modal dan dibekali kemampuan melakukan analisa investasi untuk mengambil keputusan berinvestasi di pasar modal.

Tujuan diselenggarakan program SPM ini salah satunya adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat seputar investasi. Diharapkan melalui SPM ini masyarakat bisa lebih tertarik dalam berinvestasi di pasar modal. Setelah mengikuti SPM, peserta akan mendapatkan sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan SPM.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri




Close Ads