alexametrics

Kredit Perbankan Jadi Topik Dominan Pengaduan di OJK

22 Desember 2017, 07:38:49 WIB

JawaPos.com – Selama 11 bulan terakhir sedikitnya 328 pengaduan diterima Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Malang. Ratusan pengaduan sepanjang Januari-November 2017 rata-rata terkait kredit perbankan. Analisa dan evaluasi (Anev) dilansir OJK Malang saat Koordinasi Program Kerja OJK 2018 dan Refleksi Keuangan Akhir 2017 dengan Stakeholder di Hotel Tugu Malang, Kamis (21/12).

Kepala OJK Malang Widodo mengungkapkan, seluruh pengaduan itu merupakan akumulasi pengaduan melalui surat, telepon, maupun kunjungan langsung ke kantor OJK. Kebanyakan pengaduan berasal dari pelayanan perbankan, asuransi, pembiayaan, LKM, pergadaian, dan lainnya. ”Paling banyak masalah kredit perbankan, agunan, serta proses lelang,” ujar Widodo.

Jumlah sekian terhitung lebih banyak dibanding 2016. Hal itu karena masyarakat pada tahun sebelumnya belum terlalu mengetahui keberadaan OJK. ”Tahun lalu orang nggak tahu mau mengadu ke mana, nggak tahu OJK. Jadi sekarang istilahnya ya bagus kalau masyarakat udah mulai mau mengadu,” jelasnya.

Widodo evaluasi kinerja 2017
EVALUASI AKHIR TAHUN : Kepala OJK Malang Widodo memaparkan beberapa evaluasi kinerja pada tahun 2017 di Hotel Tugu Malang, Kamis (21/12). (Fisca Tanjung/JawaPos.com)

Menanggapi banyaknya pengaduan, lanjut Widodo, sudah merespon ratusan pengaduan tersebut. Pihaknya kemudian membuat sebuah inovasi yang lebih praktis untuk proyeksi 2018. ”Akan ada inovasi by WA (Whatsapp) terkait pengaduan atau investasi yang dicurigai,” kata Widodo.

Nantinya, dari laporan itu akan didiskusikan untuk mengetahui tindak lanjut dari masalah yang diadukan tersebut. Salah satunya melihat apakah ada payung hukum, misal yang dilaporkan berasal dari produk investasi.

”Kalau ada (payung hukum), akan kami serahkan ke penegak hukum. Karena di dalam tim waspada investasi terdapat beberapa instansi terkait,” terangnya. Dengan demikian, nantinya masalah yang diadukan oleh masyarakat dapat segera diselesaikan.

Editor : admin

Reporter : (fis/JPC)


Close Ads
Kredit Perbankan Jadi Topik Dominan Pengaduan di OJK