alexametrics

Jokowi Pusing Pikirkan Ekonomi Akibat Perang Rusia-Ukraina

22 Maret 2022, 13:40:26 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui, perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina membuat negara di dunia menjadi pusing. Bukan hanya memperparah krisis ekonomi, perang juga meningkatkan ketegangan politik dunia.

“Pada saat dunia mulai bangkit memulihkan perekonomian bulan lalu, terjadi perang. Perang yang yang membuat pusing semua negara. Ini akan memperdalam krisis perekonomian dunia dan meningkatkan ketegangan politik dunia,” kata Jokowi dalam sambutan CNBC Indonesia Economic Outlook 2022 di Jakarta secara virtual, Selasa (22/3).

Jokowi menyebut, imbas dari perang Rusia-Ukraina dan pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia
membuat sejumlah harga kebutuhan pokok meningkat. Bahkan kini memperpaarah inflasi.

“Harga minyak naik, gas naik, bahan baku pupuk naik dan harga gandum juga naik, inflasi tentu saja juga semakin meningkat,” ucap Jokowi.

Oleh karena itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini berujar, masalah-masalah tersebut menjadi tantangan bagi banyak negara termasuk Indonesia. Sehingga, tantangan ini harus disikapi dengan sangat hati-hati dan dibutuhkan kerja sama, kolaborasi antara pemerintah dan pelaku usaha.

“Yang jelas masyarakat tidak boleh menjadi korban dari ketidakpastian global ini, investasi yang menciptakan lapangan kerja harus terus kita tingkatkan dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan harus terus diupayakan,” ujar Jokowi menandaskan.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Muhammad Ridwan

Saksikan video menarik berikut ini: