alexametrics

IKM Ceper Siap Pasok Industri Otomotif Nasional

22 Maret 2019, 15:55:57 WIB

JawaPos.com – Perkembangan Industri Kecil Menengah (IKM) terus memperlihatkan tren positif. Salah satu IKM yang menunjukkan perkembangan cukup bagus adalah IKM Ceper yang tergabung di Koperasi Industri Batur Jaya (KBJ) berhasil memproduksi 200 buah cylinder sleeve yang dipasok ke PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Keberhasilan ini mendapatkan apresiasi dari Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto. 

Saat menghadiri Kick Off IKM Small Medium Industries Development di Ceper, Klaten, Arilangga menyampaikan, bahwa keberhasilan ini sebagai komitmen dan keseriusan KBJ dalam memajukan IKM. Bahwa KBJ, telah melakukan banyak perubahan untuk pengembangan usaha, sehingga mampu memasuki rantai pasok industri otomotif. 

“Keberhasilan ini juga tidak terlepas adanya dukungan dari berbagai pihak, khususnya adalah PT TMMIN dalam memberikan asistensi kepada KBJ,” urainya, Jumat (22/3).

Airlangga menambahkan, bahwa keberhasilan ini menunjukkan bahwa dengan perencanaan yang baik serta diikuti dengan pelatihan dan pendampingan dengan metode yang tepat selama lebih kurang dua tahun, IKM Otomotif yang tergabung dalam KBJ mampu masuk ke area yang membutuhkan persyaratan tinggi. Baik dari sisi kualitas, produktivitas, teknologi dan juga kontinuitas suplai. 

“Sekali lagi saya sampaikan apresiasi dan penghargaan kepada PT TMMIN atas dukungannya dalam penguatan dan kemajuan IKM Indonesia,” ucapnya.

Airlangga juga menyampaikan, bahwa sektor alat angkutan memberikan kontribusi sebesar 1,86 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional 2018. Tercatat pada 2018 produksi kendaraan roda empat atau lebih mencapai 1,34 juta unit. Total penjualan di dalam negeri sebesar 1,15 juta unit. 

“Dengan kapasitas produksi industri otomotif dalam negeri sebesar 2,2 juta unit, IKM memiliki kesempatan untuk dapat masuk dan kontribusi dalam rantai pasok industri otomotif nasional,” ucapnya. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Koperasi Batur Jaya, Badrul Munir, menyampaikan terima kasih terhadap upaya Kemenperin dalam mendukung keberhasilan IKM di wilayah Klaten. Di samping itu, juga kepada PT TMMIN yang sudah menempatkan teknisinya untuk memberikan pelatihan di KBJ.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ari Purnomo



Close Ads
IKM Ceper Siap Pasok Industri Otomotif Nasional