alexametrics

Tarif Listrik Tak Naik di Tahun Politik, Jonan: Ah Kebetulan Saja!

22 Maret 2018, 20:08:32 WIB

Jawapos.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan keputusan pemerintah untuk tidak menaikkan tarif listrik hingga tahun 2019 tidak ada kaitannya dengan tahun politik. Jonan berdalih hal itu hanya kebetulan saja.

“Tarif listrik sampai 31 Desember 2019 tidak akan berubah. Banyak yang tanya ke saya apakah ini karena tahun politik? Saya bilang ini hanya kebetulan saja,” kata Jonan dalam sosialisasi RUPTL tahun 2018-2027 di kantor PLN Pusat, Jakarta, Kamis (22/3).

Dijelaskan Jonan ‘penahanan’ tarif listrik ditengah tingginya harga energi primer semata-mata untuk menjaga daya beli masyarakat supaya tidak turun di tahun 2019. Jonan pun tidak menutup mata apabila dalam hal ini PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN harus melakukan extra effort.

Tarif Listrik Tak Naik di Tahun Politik, Jonan: Ah Kebetulan Saja!
Ilustrasi listrik pintar PT PLN (Dok.JawaPos.com)

“Tarif listrik kepada user itu akan selalu tetap. Tidak akan diubah. Tapi pasokan batubara berubah. Ada gap. Pada harga 70 dolar dengan kadar 6322 kalori atau berdasarkan HBA mana yang paling rendah. Ini untuk menjaga tarif listrik untuk bisa affordable buat masyarakat,” terangnya.

Jonan menyarankan untuk pasokan batu bara sebaiknya dilakukan zonasi saja. Selain itu dia juga ingin ke depannya pemerintah menerapkan standar energi primer dari fosil terhadap kwh yang dihasilkan. “Ini kan kontrak jangka panjang apa yang diputuskan hari ini akan berdampak oleh generasi berikutnya,” ujarnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : (uji/JPC)



Close Ads
Tarif Listrik Tak Naik di Tahun Politik, Jonan: Ah Kebetulan Saja!