JawaPos Radar | Iklan Jitu

2 Minggu Lagi Satelit Nusantara Satu Mengorbit Di Langit Papua

22 Februari 2019, 16:39:17 WIB
2 Minggu Lagi Satelit Nusantara Satu Mengorbit Di Langit Papua
Konferensi pers peluncuran satelit nusantara satu. (Romys Binekasri / JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Perusahaan satelit PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) meluncurkan satelit Nusantara Satu. Lepas landas dari Cape Canaveral, Florida Amerika Serikat. Menggunakan roket Falcon 9 dari Space-X menuju slot orbit 146 derajat bujur timur di atas Papua Indonesia.

Direktur Jaringan PSN Heru Dwikartono mengatakan, satelit ini menjadi tonggak sejarah Indonesia, khususnya bagi industri telekomunikasi. Merupakan satelit pertama berteknologi High Throughput Satelite (HTS) yang dapat memberikan layanan internet broadband dengan kapasitas lebih besar sampai dengan 15 Gbps.Tiga kali lipat satelit konvensional.

“Kami bangga hari ini Kamis 21 Februari jam 20:44 waktu London atau Jumat 22 Februari jam 08:45 satelit Nusantara Satu meluncur. Kehadiran satelit ini merupakan capaian besar PSN untuk memperkuat posisi Indonesia di dunia digital,” ujarnya di Kantornya, Jumat (22/2).

Menurutnya, satelit akan sampai ke Papua di orbit 146 derajat BT membutuhkan waktu kurang lebih sekitar dua minggu terhitung dari tanggal satelit diluncurkan. Namun, belum dapat digunakan karena harus melewati serangkaian tes terkait kualitas jaringan.

“Sampai kira-kita sekitar 2 minggu. Tapi belum bisa digunakan. Setelah sampai kan ada tes tes  untuk memastikan satelit bisa berfungsi dengannya baik. Nah baru bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan internet masyarakat,” tuturnya.

Sebagai informasi, peluncuran satelit Nusantara Satu disaksikan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), perwakilan Kedutaan Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS), dan seluruh pemangku kepentingan PSN yang hadir di Cape Canaveral.

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : Romys Binekasri

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini