JawaPos Radar

Merah Putih Hadirkan Indra Uno, Dorong Wirausaha Muda Bangun Jateng

22/02/2018, 03:50 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Ketua Yayasan Mien R Uno Indra Uno
Ketua Yayasan Mien R Uno, Indra Uno pada acara "Ayo Obah" di Rama Hall Hotel UTC, Semarang (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Ketua Yayasan Mien R Uno, Indra Uno berbagi inspirasi sukses bisnis kepada 500 wirausahawan dan calon wirausahawan muda di Jawa Tengah. Kegiatan ini diselenggarakan oleh kelompok pendukung pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah, Relawan Merah Putih.

Pada acara bertema Ayo Obah terselenggara di Rama Hall Hotel UTC, Semarang tersebut, Indra yang juga kakak Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Shalahudin Uno ini mendorong generasi muda Jateng memiliki jiwa wirausaha agar mampu bersaing dan mandiri.

Indra mengajak anak muda Jateng merubah pola pikir dengan menciptakan dan bukan mencari lapangan kerja. Dikarenakan, menurutnya Jateng memiliki berbagai potensi pariwisata, sumber daya alam, hasil bumi yang perlu pengolahan serta promosi.

"Jangan sampai melamar kerja dimana-mana setelah ditolak baru berfikiran menjadi pengusaha," kata pria yang merupakan lulusan Master of Business Administration dari University of Southern California ini di hadapan ratusan peserta, Rabu (21/2).

Hal itu menjadi penting, lantaran menurutnya, angka pengangguran yang terus naik seiring bertumbuhnya jumlah penduduk serta lulusan tiap tahunnya. Padahal, angkatan kerja yang belum mendapatkan kerja juga bertambah.

Indra menuturkan, menjadi wirausahawan merupakan peluang besar bagi generasi muda dalam era digital serta keterbukaan informasi. Dimana anak muda bisa dengan cepat menyebarkan produk sekaligus menggali informasi tanpa batas ruang dan waktu.

“Kuncinya kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas,” imbuhnya.

Turut dihadirkan dalam acara workshop adalah Perkumpulan Gerakan OK OCE (PGO). Ketua Umum PGO, Faransyah Jaya menyebut saat ini Program OK OCE singkatan dari One Kecamatan One Centre of Entrepreneurship kini menjadi tren baru di Jakarta. Dia berharap gerakan ini bisa menjadi tren di Jateng dan Indonesia.

Dia menceritakan bahwa sejak dikampanyekan menjadi program pasangan gubernur DKI Jakarta Anies-Sandi, OK OCE mampu menarik minat masyarakat. “Program OK OCE ini ditujukan untuk mengubah dan memihak kepada pengusaha kelas bawah, UMKM, dan pengusaha baru,” katanya.

Terpisah, salah satu peserta workshop, Alfa Bayu Sanjaya mengapresiasi adanya acara tersebut. Menurutnya, workshop tersebut akan membuka wawasan tentang kondisi perekonomian Indonesia saat ini, sekaligus menunjukan potensi wirausaha yang bisa digarap untuk ikut membangun perekonomian.

“Acara ini bisa membuat pengusaha dan calon pengusaha bersemangat untuk mengembangkan ide-ide berwirausaha. Bukan saja untuk mensejahterakan diri sendiri, tapi juga ikut membangun perekonomian negara,” kata pemilik usaha alat-alat kemah dan outdoor di Kota Semarang ini.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up