alexametrics

10 Tips Atur Gaji Bulanan Agar Tak Bikin Kantong Jebol

22 Januari 2022, 09:44:11 WIB

JawaPos.com – Bagi generasi muda yang baru masuk ke dunia kerja pasti pernah merasakan kesulitan dalam mengatur uang. Pada awal bulan, gaji dihabiskan untuk membeli tumpukan barang idaman. Setelah seluruh barang terbeli, baru sadar sisa uang yang ada tidak cukup untuk hidup sampai gajian selanjutnya.

Jika masih sering mengalami hal itu maka harus berhati-hati agar kebiasaan seperti itu tidak menjadi gaya hidup. Tim Analis OCBC NISP yang diterima oleh JawaPos.com memberikan beberapa tip cara mengatur gaji bulanan.

1. Menyusun anggaran bulanan

Cara mengatur gaji bulanan yang dapat dilakukan, pertama adalah dengan membuat perencanaan dalam satu bulan. Setelah menerima pendapatan, segera membuat daftar pengeluaran dan alokasi keuangan. Tiap bulannya, bisa membagi gaji untuk memenuhi tiga kebutuhan, yaitu primer, sekunder, dan tersier. Primer adalah yang paling prioritas dan tersier adalah yang paling mungkin dikorbankan.

Tersier memang yang paling tidak penting, akan tetapi tetap harus menyisihkan dana tiap bulan untuk memanjakan diri sesekali.

2. Membuat persentase pembagian gaji bulanan

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads