JawaPos Radar | Iklan Jitu

Jaring Investor, Jateng Bakal Bangun 4 Kawasan Industri Baru

22 Januari 2019, 19:25:59 WIB
Kawasan Industri
ILUSTRASI: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana membangun empat kawasan industri baru. (dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana membangun empat kawasan industri baru. Tujuannya, adalah guna menjaring investor di segala arah sehingga investasi di Jateng makin meningkat.

Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappeda Jateng Arief Djatmiko menyebutkan, keempat kawasan itu terletak di Kabupaten Brebes, Rembang, Kebumen, dan Cilacap. Katanya, rancangan pembangunan sudah diserahkan ke DPRD Jateng.

"Rancangan sudah diserahkan untuk dikaji apakah sesuai dengan RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) yang sudah ditetapkan atau belum," katanya saat dijumpai di Hotel Gets, Kota Semarang, Selasa (22/1).

Arief merinci alasan Pemprov menetapkan keempat kawasan itu sebagai area industri baru. Yakni, dengan tujuan bisa menjaring investor dari segala penjuru demi kepentingan terdongkraknya investasi di Jateng. Seperti yang sebelum ini sukses didirikan di Semarang, Kendal, dan Demak.

Sebagai contoh, Brebes misalnya saat ini sudah tergolong pesat, apalagi dengan adanya tol Trans Jawa. Lalu Rembang, yang katanya memiliki daya tarik tersendiri bagi investor asal Jawa Timur.

"Sementara Kebumen dan Cilacap bisa menjaring investor dari selatan Jawa. Empat daerah tersebut memiliki potensi masing-masing untuk menarik investor, sekarang tinggal menunggu dari DPRD berapa anggaran yang akan dikucurkan apakah tidak melanggar RTRW yang sudah ditetapkan," terang Arief lagi.

Sementara berdasarkan data dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jateng, sepanjang tahun 2018 lalu, ada 35 Pemilik Modal Asing (PMA) dan 36 Pemilik Modal Dalam Negeri (PMDN) yang berinvestasi di Jateng. Sektor energi dan infrastruktur masih paling dominan untuk menarik para investor.

Editor           : Sari Hardiyanto
Reporter      : Tunggul Kumoro

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up