JawaPos Radar

Jasa Marga: Penerapan Tarif Baru JORR Tunggu Intruksi Menteri Basuki

21/09/2018, 16:22 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Jasa Marga: Penerapan Tarif Baru JORR Tunggu Intruksi Menteri Basuki
Ilustrasi gerbang pembayaran tol. (MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)
Share this image

JawaPos.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk belum dapat memastikan tanggal pemberlakuan tarif integrasi JORR.

Bagi pengguna tol JORR jarak jauh, tarif baru itu bisa memangkas pengeluaran. Namun sebaliknya, pengguna jarak dekat justru  harus mengeluarkan kocek lebih dalam, karena tarifnya dipatok sama yakni Rp 15.000 sekali jalan.

"Jasa Marga bersama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pengelola ruas JORR lainnya masih melakukan koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR)," kata Dwimawan Heru, AVP Corporate Communication Jasa Marga melalui keterangan resmi, Jum'at (21/9).

Berdasarkan pembahasan intensif yang dilakukan Kementerian PUPR bersama Jasa Marga dan para BUJT JORR lainnya, diinformasikan bahwa pemberlakuan integrasi JORR paling lambat pada akhir September 2018.

Meskipun demikian, kepastian tanggal pemberlakuan akan ditetapkan oleh Menteri PUPR dan jika telah memperoleh tanggal kepastian tersebut. Kemudian akan diinformasikan kepada masyarakat.

Melalui integrasi JORR maka tarif golongan I menjadi Rp 15.000,- sedangkan golongan V menjadi Rp 30.000,- . Sehingga dengan pemberlakuan integrasi JORR, akan terdapat penurunan tarif tol yaitu tarif golongan I turun sebesar Rp 19.000,- sedangkan golongan V turun sebesar Rp 64.500,-.

Namun begitu, dengan adanya pemberlakukan integrasi JORR, pengguna jalan tol Ruas Tol Ulujami-Pondok Aren dari Bintaro Viaduct yang menuju Bintaro tetap membayar tarif tol Ulujami-Pondok Aren dengan tarif golongan I sebesar Rp 3.000,- sedangkan pengguna jalan tol Ruas Tol Ulujami-Pondok Aren yang menuju Ulujami membayar tarif tol integrasi JORR sebesar Rp 15.000,- atau naik Rp 2.500,- dibanding tarif saat ini yang sebesar Rp 12.500,- (Tarif JORR+Tarif Ulujami-Pondok Aren).

 

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up