JawaPos Radar

Kilau Emas Di Spot Dunia Meredup, Apa Sebabnya?

21/06/2018, 12:50 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Kilau Emas Di Spot Dunia Meredup, Apa Sebabnya?
Kilau emas pudar di pasar internasional (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Harga emas hari ini naik tipis 0,1 persen menjadi USD 1.269,05 per ounce. Harga emas masih mendekati level terendah selama enam bukan lantaran perkasanya Dolar Amerika Serikat yang menahan pergerakannya.

Mengutip laman Reuters, emas berjangka di Amerika Serikat sendiri untuk kontrak pengiriman Agustus turun 0,3 persen menjadi USD 1.271,30 per ounce.

Beberapa sentimen yang menahan harga emas untuk bersinar di antaranya, bursa lapangan kerja Amerika tidak tampak terlalu ketat dan bank sentral AS yang akan melanjutkan kenaikan suku bunganya secara bertahap di tengah ekonomi yang kuat untuk menyeimbangkan lapangan kerja dengan target inflasi.

Seperti diketahui, Kepala Federal Reserve, Jerome Powell mengatakan kekhawatiran mengenai kebijakan perdagangan Amerika di kalangan pebisnis mulai menunda proses perekrutan dan keputusan investasi karena terjadi ketidakpastian.

Menurutnya, perang perdagangan yang terus berkembang antara ekonomi terbesar di dunia, Amerika-China, membebani kepercayaan bisnis dan dapat memaksa bank sentral untuk menurunkan pandangan mereka, ungkap para pembuat kebijakan bank sentral utama dunia.

Sementara Presiden Bank Sentral Eropa menyampaikan, terlalu dini untuk menilai dampak kebijakan moneter dari eskalasi tarif perdagangan antara Amerika Serikat dan mitranya, tetapi tidak ada alasan untuk optimistis.

Sedangkan, Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda berkata, Ekonomi Jepang dapat menderita konsekuensi cukup signifika jika perang perdagangan antara Amerika Serikat dan China berlarut-larut.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden China Xi Jinping sendiri, akan membahas langkah-langkah untuk meningkatkan kerja sama strategis dan taktis antara kedua negara dalam pertemuan keduanya.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up