alexametrics

Citilink Sediakan Layanan Wifi Gratis di Dalam Pesawat, Amankah?

21 Maret 2019, 15:18:06 WIB

JawaPos.com – Belum lama ini, maskapai berbiaya murah (LCC) Citilink Indonesia menyediakan layanan wifi gratis di dalam pesawat. Meski baru dipasang satu pesawat, namun Citilink menjadi maskapai LCC pertama di Asia Pasifik yang memberikan layanan itu. 

Sebelumnya, penerbangan dengan layanan internet di udara hanya bisa dinikmati di penerbangan bintang lima saja. Jika di atas udara bisa mengakses wifi, bagaimana dengan faktor keselamatannya ya? Lalu apakah penumpang masih wajib mengaktifkan mode pesawat?

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo menjamin faktor keselamatan penumpang. Penumpang tetap wajib  mengaktifkan mode pesawat pada telepon genggam. Lagi pula, wifi hanya bisa diakses pada ketinggian 35.000 kaki. Hal itu sudah berdasarkan peraturan penerbangan internasional sehingga layanan tersebut tidak mengganggu teknis di mesin pesawat.

“Kita patuh terhadap aturannya dimana wifi hanya bisa digunakan di ketinggian di atas 30 ribu kaki, jadi kalau belum 35.000 kaki belum bisa nyala, begitupun jika terjadi turbulensi, sudah diatur dan tidak melanggar. Begitu pesawatnya turun maka akan hilang sendiri wifinya, jadi yang kendalikan bukan manusia tetapi adalah sistem,” kata Juliandra di Jakarta, Kamis (21/3).

Lagi pula, lanjutnya, Mahata Aero Teknologi yang merupakan partner Citilink sudah  menggunakan teknologi paling advance buat penerbangan yang dipilih. “Mahata ini berpartner dengan penyedia satelit dan juga Lufthansa sistem dan Lufthansa hardware ini sudah dijamin dan disertifikasi kelas dunia. Sudah disertifikasi juga dengan direktorat kelayakan udara,” lanjutnya.

Adapun, sebagai catatan tambahan, Direktur Utama Mahata Muhamad Fikriansyah mengatakan kalau airplane mode tetap wajib dipatuhi oleh para penumpang. Nantinya, saat ingin masuk ke layanan wifi gratis penumpang akan dituntun sesuai Standard Operating Procedure (SOP) penggunaan wifi dalam pesawat yang dipandu oleh sistem.

“Kita sudah buat tetap kalau nanti diumumkan harus mengaktifkan mode pesawatnya, jadi ada step-stepnya,” pungkasnya.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Hana Adi

Copy Editor :

Citilink Sediakan Layanan Wifi Gratis di Dalam Pesawat, Amankah?