alexametrics

SMF Biayai Homestay 4 Daerah Plus Bangun Rumah Kawasan Kumuh

21 Januari 2019, 19:19:33 WIB

JawaPos.com – PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) tahun ini memberikan pembiayaan homestay di 4 daerah destinasi wisata. Keempat destinasi wisata yang menjadi prioritas adalah: Borobudur, Labuan Bajo, Mandalika dan Danau Toba, dengan perkiraan jumlah kebutuhan homestay mencapai 305 unit.

“Pembiayaan Homestay ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membangun/memperbaiki kamar rumah yang akan disewakan kepada wisatawan sehingga dapat mendatangkan penghasilan bagi pemilik dan menciptakan lapangan kerja,” kata Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo dalam acara ramah tamah dengan media di Restoran Seribu Rasa Jakarta, Senin (21/1).

Ananta mengungkapkan, program pembiayaan homestay ini menjadi salah satu insiatif program yang akan dijalankan pada tahun ini. Program homestay sendiri merupakan program yang ditujukan untuk mendukung program Kementerian Pariwisata. 

“SMF bekerjasama dengan BUMDes sebagai lembaga penyalur dan Pokdarwis (kelompok sadar wisata),” tuturnya.

Selain pembiayaan homestay, lanjutnya, pada tahun 2019, program lain yang juga akan dijalankan oleh SMF adalah Pembangunan Rumah di Daerah Kumuh di 32 kota. 

SMF akan bersinergi dengan Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR melalui program KOTAKU (kota tanpa kumuh) untuk turut serta mengatasi daerah kumuh melalui renovasi/pembangunan rumah.

Pembangunan rumah di daerah kumuh tersebut nantinya akan bekerja sama dengan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) / Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) yang kemudian disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. 

“Program ini diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui ketersediaan hunian yang layak, serta menciptakan lingkungan rumah yang sehat,” tandasnya.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Romys Binekasri

SMF Biayai Homestay 4 Daerah Plus Bangun Rumah Kawasan Kumuh