JawaPos Radar | Iklan Jitu

5 Fakta Vietjet Air, Maskapai 'Berbikini' yang Buka Rute ke Indonesia

21 Januari 2019, 14:14:37 WIB
5 Fakta Vietjet Air, Maskapai 'Berbikini' yang Buka Rute ke Indonesia
Ilustrasi (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Dikenal sebagai 'maskapai bikini', maskapai berbiaya murah (low cost carrier/LCC) yang berbasis di Vietnam, VietJet Air akan segera memulai layanan penerbangan langsung antara kota Ho Chi Minh dan Denpasar Bali dengan durasi 3,5 jam. Dilanjutkan dengan rute Ho Chi Minh - Jakarta yang dimulai pada akhir 2019.

Maskapai ini tenar lantaran berani menerapkan kebijakan mengenakan bikini kepada pramugari saat bertugas. VietJet Air diluncurkan pada 2011 silam.

Pada 2012, VietJet didenda sebesar Rp 12 juta oleh Otoritas Penerbangan Sipil lantaran pramugarinya menampilkan tarian Hawaii sambil berbikini dalam penerbangan dari Ho Chi Minh menuju daerah wisata di Kota Nha Trang.

Mei 2014, para penari berbikini kembali merayakan pembukaan rute penerbangan baru dari Ho Chi Minh ke Singapura.

Berikut fakta menarik maskapai 'berbikini' VietJet Air yang dirangkum JawaPos.com dari laman indiatvnews:

1. Didirikan oleh Miliarder Perempuan

Maskapai ini didirikan oleh miliarder perempuan asal Vietnam bernama Nguyen Thi Phuong Thao. Dia berada di peringkat ke-62 dalam daftar Power Women 2016 dan juga terdaftar di 50 Power Businesswomen Asia 2016. Phuong Thao memiliki harta senilai USD 3,4 miliar menurut Forbes dan tercatat orang terkaya kedua di Vietnam. Menurut laporan, dia juga memiliki investasi di HD Bank dan real estat, termasuk resor pantai.

2. Didenda Oleh Otoritas Penerbangan

Pada 2012, maskapai didenda oleh otoritas penerbangan setempat lantaran pramugari wanita berpakaian bikini dan melakukan tarian Hawaii. Meskipun demikian, maskapai ini disebut belum mengalami kerugian, bahkan menurut BBC, maskapai ini mengalami pertumbuhan 20 persen dalam perdagangan pada 2017.

3. Memanfaatkan 'Keseksian' sebagai Strategi Marketing

Melambungnya nama Vietjet Air memang bukan tanpa alasan. Maskapai berbiaya murah itu dikenal lantaran berani memanfaatkan keseksian sebagai strategi marketing mereka dengan cara menampilkan model berbikini di pesawatnya.

Berdasarkan laporan, maskapai ini menjadi maskapai penerbangan terbesar kedua di negara ini dalam waktu singkat dengan pemasarannya yang agresif dan out-of-the-box.

Hanya saja, VietJet Air menyebut wanita berbikini yang ada di pesawatnya bukanlah pramugari. Mereka hanya model yang ditugaskan untuk berbikini. Selain itu, pramugari yang sebenarnya tidak mengenakan bikini setiap saat.

4. Tidak Ada Pramugari Berbikini Buka Penerbangan ke Indonesia

Indonesia menolak cara VietJet Air yang menampilkan perempuan berbikini di dalam pesawatnya saat si maskapai berbiaya murah ini menyampaikan komitmennya untuk membuka rute penerbangan ke Tanah Air.

Kemudian, pemerintah Indonesia memastikan bahwa para pramugari VietJet Air bakal berpakaian lengkap. Maskapai pun akhirnya patuh dan mengumumkan bahwa aksi bikini mereka hanya disesuaikan untuk acara-acara tertentu dan tujuan yang sesuai.

5. VietJet Air adalah maskapai berbikini pertama

VietJet adalah maskapai bikini pertama di dunia. Jika ada yang lebih nyeleneh, salah satu maskapai di Jerman ada yang membuka penerbangan telanjang.

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : Hana Adi

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up