JawaPos Radar | Iklan Jitu

Titik Terang Roadmap Penyelesaian Isu Lingkungan Freeport

20 November 2018, 09:42:50 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Titik Terang Roadmap Penyelesaian Isu Lingkungan Freeport
Ilustrasi Kawasan Industri Freeport (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Penyelesaian isu lingkungan dari PT Freeport Indonesia (PTFI) menemui titik terang. Roadmap dari masalah tersebut kini dalam tahap finalisasi.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengungkapkan, proses penyusunan roadmap tersebut sejatinya sudah selesai dilakukan. Namun, masih ada beberapa detil yang sedang dipelajari.

"Lagi diberesin (roadmap-nya) lagi di finalisasi. Masih dipelajari (detilnya)," ujarnya saat ditemui di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (19/11).

Setelah selesai, pihaknya akan mengeluarkan surat atas penyelesaian peta jalan terkait penyelesaian lingkungan. Saat ini, Siti mengakui tidak ada kendala dalam tahap finalisasi.

"Enggak (ada kendala). Nanti ada surat aja dari saya bahwa ini sudah selesai, roadmapnya kayak gini. Tapi belum selesai masih saya pelajari," kata dia.

Selain itu, Kementerian LHK juga akan mengeluarkan Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup (DELH) untuk Freeport. DELH merupakan kewajiban bagi perusahaan yang telah beroperasi sebelum pemberlakuan dari Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009.

Freeport Indonesia, kata dia, akan segera mendapat surat tersebut. "Suratnya sih memang belum, tapi prosesnya sudah selesai," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up