alexametrics

Jaga Keselamatan Pelayaran di Labuan Bajo, Destinasi Super Prioritas

20 September 2019, 21:24:43 WIB

JawaPos.com – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), melakukan kampanye keselamatan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (20/9). Kesadaran soal keselamatan pelayaran harus muncul di masyarakat. Di Labuan Bajo sendiri, kesadaran akan keselamatan juga bakal mendukung sektor pariwisata.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kemenhub, R. Agus H. Purnomo mengatakan, Labuan Bajo dipilih sebagai lokasi kampanye keselamatan karena di wilayah ini banyak berseliweran kapal, terutama kapal wisata. Sehingga perlu adanya sosialisasi kepada operator dan masyarakat akan pentingnya keselamatan pelayaran.

Agus mengimbau agar semua pihak mengutamakan keselamatan pelayaran, salah satunya dengan tertib mengenakan pelampung (life jacket). Dalam kampanye ini, sebanyak 200 life jacket diserahkan kepada operator kapal tradisional.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Ditjen Perhubungan Laut, Kemenhub, Capt. Ahmad saat pembagian life jacket. (Ferlynda Putri Sofyandari/Jawa Pos)

“Ini membuktikan bahwa terciptanya keselamatan pelayaran bukan hanya milik regulator saja, tetapi juga tanggung jawab bersama termasuk operator kapal dan para penumpang,” kata Agus.

Agus berpesan secara khusus kepada seluruh jajaran Kantor UPP Kelas III Labuan Bajo untuk terus memberikan pelayanan terbaik. Selain itu, melakukan pengawasan untuk memastikan terpenuhinya aspek keselamatan pelayaran pada kapal-kapal yang beroperasi di wilayah kerja Pelabuhan Labuan Bajo.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Ferlynda Putri Sofyandari



Close Ads