JawaPos Radar | Iklan Jitu

Sri Mulyani Meminta Eksportir Bawa Pulang Dolar ke Dalam Negeri

Salah Satu Upaya Perkuat Rupiah

20 September 2018, 14:50:25 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Sri Mulyani Meminta Eksportir Bawa Pulang Dolar ke Dalam Negeri
Ilustrasi kegiatan ekspor impor di pelabuhan (Dok. Radar Bali)
Share this

JawaPos.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) masih fluktuatif. Pemerintah melakukan berbagai upaya agar Rupiah tidak berlarut-larut tak berdaya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan, salah satu upaya yang dilakukan adalah mendorong eksportir membawa kembali devisa hasil ekspornya ke dalam negeri. Hal ini dilakukan agar penerimaan dan permintaan seimbang.

"Kita monitor terus menerus, dan kita juga akan meminta supply Dolar tidak hanya direpatriasi tapi digunakan jadi devisa di dalam negeri," ujarnya di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (20/9).

Lebih lanjut, pihak telah melakukan komunikasi dengan beberapa perusahaan untuk menukarkan dolarnya. Selanjutnya, uang itu disarankan akan digunakan untuk bertransaksi dalam negeri.

"Sehingga tidak menimbulkan geijolak permintaan dolar yang tidak perlu. Katakanlah speerti beberapa perusahan pertambangan yang ternyata kontraktornya dibayar pake dolar. Padahal mereka kontraktor dalam negeri," tuturnya.

"Kita akan lakukan upaya agar cadangan devisa dan penerimaan  devisa ita betul-betul bisa diperkuat kondisinya di dalam negeri," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up