JawaPos Radar

Rupiah Tembus Rp 14.500 Per USD, Pasar Pasang Level Kunci Di Rp 14.700

20/07/2018, 11:44 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Rupiah Tembus Rp 14.500 Per USD, Pasar Pasang Level Kunci Di Rp 14.700
Ilustrasi pelemahan Rupiah terhadap Dolar AS (Becky Subechi/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Nilai tukar mata Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini milik lebih dalam hingga menyentuh level di atas 14.500. Padahal Bank Indonesia (BI) telah memutuskan mempertahankan suku bunga sebesar 5,25 persen di Bulan Juli. Namun sepertinya, hal tersebut tak ditanggapi oleh para pelaku pasar.

Analyst ForexTime Lukman Otunuga mengatakan, sungguh mengkhawatirkan melihat Rupiah terus tertekan walaupun BI berusaha memperketat kebijakan moneter secara agresif selama dua bulan terakhir. 

“Walaupun BI mempertahankan 'posisi hawkish', namun tidak banyak membantu Rupiah yang sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal,” tuturnya, Jumat (20/7).

Menurutnya, Dolar yang berkibar tetap menjadi tema dominan di pasar di tengah ekspektasi kenaikan suku bunga AS dan ketegangan dagang global yang memengaruhi sentimen. 

“Karena itu, Rupiah dan banyak mata uang pasar berkembang lainnya dapat semakin melemah,” imbuhnya.

Lukman menuturkan, para trader teknikal akan terus mengamati bagaimana mata uang Garuda terhadap dolar Paman Sam bertahan di atas level psikologis Rp 14.000 per Dolar. Harga sudah mencapai Rp 14.400 per Dolar sehingga level kunci berikutnya adalah di kisaran Rp 14.750 per Dolar.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up