JawaPos Radar | Iklan Jitu

Baru Dilantik, Ngabalin Harus Resign dari AP I Jika Ingin Nyaleg

20 Juli 2018, 17:02:25 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Baru Dilantik, Ngabalin Harus Resign dari AP I Jika Ingin Nyaleg
Ali Mochtar Ngabalin (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Baru saja dilantik sebagai Komisaris PT Angkasa Pura I, politisi Partai Golkar Ali Mochtar Ngabalin dihadapkan pada pilihan sulit. Masalahnya, Ngabalin disebut-sebut akan mencalonkan diri sebagai calon legislatif dalam Pileg 2019.

Dalam Board Manual Kebijakan Rangkap Jabatan Dewan Komisaris PT Angkasa Pura I, tercantum bahwa Dewan Komisaris tidak boleh merangkap sebagai pengurus partai politik atau calon/anggota legislatif juga calon kepala daerah/kepala daerah.

Artinya, langkah Ngabalin harus terhenti sebagai Caleg apabila masih menjabat sebagai Komisaris Angkasa Pura I. Atau, jika ingin tetap melenggang ke kursi legislatif Ngabalin otomatis harus meninggalkan jabatan yang baru saja didapatkannya, Kamis (19/7) lalu.

Sejatinya, Ngabalin bukanlah orang pertama yang menduduki dua jabatan. Saat ini Ngabalin tercatat sebagai Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Presiden. Ngabalin berkantor di Jalan Veteran sejak Mei 2018 lalu.

Ngabalin adalah salah satu dari ratusan pejabat yang merangkap jabatan sebagai Komisaris BUMN. Adapun Ali Mochtar Ngabalin diangkat menjadi Anggota Dewan Komisaris menggantikan Selby Nugraha Rahman yang telah menjabat sebagai Anggota Dewan Komisaris Angkasa Pura I sejak 25 Oktober 2015. 

Sementara itu, ada dua nama lain yang diangkat sebagai Komisaris AP I, yakni Anandy Wati yang sebelumnya menjabat sebagai Anggota Dewan Komisaris sejak 7 April 2014, ditetapkan menjadi Komisaris Independen. 

Juga Djoko Sasono diangkat menjadi Komisaris Utama perusahaan menggantikan Andi Widjajanto yang sebelumnya diangkat menjadi Komisaris Utama Angkasa Pura I pada 4 April 2017. 

"Selamat datang kepada Bapak Djoko Sasono, Bapak Tri Budi Satriyo, dan Bapak Ali Mochtar Ngabalin sebagai Komisaris baru Angkasa Pura I. Kami yakin hadirnya para komisaris baru ini akan membawa kontribusi positif terhadap kinerja perusahaan yang tengah melakukan percepatan pembangunan bandara baru dan infrastruktur pendukung pada tahun 2018 ini,” ujarnya, Kamis (19/7) lalu.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up