alexametrics

Barang Koleksi Bernilai Mahal Ternyata Bisa Buat Investasi

20 April 2019, 19:08:59 WIB

JawaPos.com – Hobi belanja dan mengoleksi berbagai barang, bisa membuat Anda menghabiskan banyak uang untuk aktifitas yang satu ini.

Bisa dipastikan setiap bulan Anda harus menyediakan bujet ekstra. Lalu, setelah dibeli dan dibawa pulang, bisakah barang-barang ini menghasilkan uang?

Bisa Dijadikan Sumber Uang

Tidak hanya sekadar dibeli dan dikoleksi saja, barang-barang Anda juga bisa dijadikan sebagai investasi yang akan menghasilkan uang. Jika Anda mengoleksi barang yang tepat dan bernilai, maka bukan tidak mungkin di masa yang akan datang barang-barang tersebut akan bertambah mahal.

Hal ini tentu cukup menarik dan akan membuat hobi belanja Anda menjadi lebih bermanfaat. Pada dasarnya, semakin unik dan menarik sebuah barang, maka akan semakin tinggi juga nilainya di masa yang akan datang, apalagi jika ternyata barang tersebut terbilang terbatas.

Namun meski begitu, nilai barang ini tentu akan dipengaruhi juga oleh kualitas dan kondisi terakhirnya, sehingga sangat penting untuk selalu menjaganya dengan baik sepanjang waktu. Pastikan Anda membeli barang yang tepat dan menjaganya dengan baik, sehingga kelak bisa mendapatkan harga yang baik jika berniat untuk menjualnya kembali.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut barang-barang yang bisa dijadikan investasi para kawula muda selain digunakan sebagai koleksi.

1. Piringan Hitam

Piringan hitam mungkin menjadi item yang sangat diminati puluhan tahun lalu. Sebab seiring dengan berlalunya waktu, produk ini sempat terlupakan dan tergantikan dengan perangkat musik modern lainnya.

Namun jika Anda termasuk anak muda yang punya selera klasik dan senang mengoleksi kepingan hitam ini, maka Anda bisa menjadikannya sebagai produk investasi. Kini bukan hanya banyak peminatnya saja, piringan hitam ini juga mahal.

2. Uang Kertas dan Koin Kuno

Bagi Anda yang hobi mengoleksi uang kertas dan koin kuno, bisa sekaligus menjadikan benda tersebut sebagai investasi. Harga uang kertas dan koin kuno memang cukup mahal saat ini, apalagi jika Anda berniat untuk mengoleksi uang dan koin yang cukup langka.

Namun jangan khawatir, di masa yang akan datang harga uang dan koin kuno ini tentu akan semakin tinggi, bahkan bisa saja berkali lipat dari harga saat Anda membelinya.

3. Ponsel Zaman Dulu

Menjadi salah satu produk yang paling banyak dibutuhkan di era digital ini, hampir setiap orang punya setidaknya 1 atau 2 gadget. Kebutuhan yang tinggi ini juga diimbangi dengan kehadiran beragam gadget terbaru setiap bulannya, yang lengkap dengan berbagai fitur canggih dan memanjakan para penggunanya.

Perkembangan inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan kuat mengapa sebagian orang begitu rajin gonta-ganti gadget, meskipun pada dasarnya mereka tidak akan menggunakan semua fitur canggih tersebut secara maksimal.

Namun jangan salah, meski banyak produk gadget yang baru dan canggih di pasaran, berbagai produk yang sudah lama justru dihargai dengan mahal. Sebut saja beberapa ponsel seri paling jadul, pasti banyak dicari dan semakin sulit ditemukan. Tentu saja harganya juga cukup mahal di pasaran.

4. Kamera Analog

Bukan hanya foto-foto kuno saja yang memiliki harga luar biasa tinggi, kamera-kamera analog yang sudah tua juga memiliki harga yang mahal di pasaran. Kamera-kamera analog ini masih memiliki peminat tersendiri yang senang berburu dan membeli produk tersebut, bahkan meski mereka harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit.

Anda bisa menjadikan kamera analog ini sebagai hobi dan investasi yang menjanjikan di masa yang akan datang. Karena semakin lama usia suatu barang dan masih tetap eksis, maka semakin mahal pula harganya karena nilai sejarahnya.

5. Komik dan Buku Kuno

Bagi Anda pecinta komik, membelanjakan uang secara rutin untuk hobi yang satu ini tentu menjadi hal yang biasa. Seorang pecinta komik bahkan bisa saja mengoleksi puluhan hingga ratusan seri komik yang mereka sukai.

Harga komik-komik ini akan meningkat seiring dengan berlalunya waktu, apalagi jika Anda mengoleksi komik jadul yang langka. Hal yang sama juga berlaku pada buku-buku kuno yang pada umumnya sudah sulit dicari di pasaran.

Ada banyak kolektor yang mencari komik dan buku-buku kuno seperti ini, pasarnya bahkan semakin menjanjikan dengan kehadiran sistem online yang memungkinkan pembeli dan penjual seperti Anda bertemu dengan lebih mudah.

6. Streetwear Kuno

Streetwear menjadi salah satu ikon fashion yang seolah tidak ada matinya, bahkan semakin diminati belakangan ini. Tren fashion yang satu ini juga sangat diminati milenial di berbagai belahan dunia.

Jika Anda termasuk orang yang suka dengan jenis fashion ini, maka Anda juga bisa menjadikannya sebagai investasi, sebab harganya sekamin lama memang semakin tinggi.

7. Perangko Jadul

Prangko menjadi salah satu koleksi yang bisa menghasilkan, apalagi jika kamu mengoleksi seri-seri prangko yang langka. Harga prangko yang langka ini terbilang mahal di pasaran, sebab ada banyak kolektor yang memburunya.

Jika disimpan dan dirawat dengan baik, maka harganya tentu akan jauh lebih mahal di masa yang akan datang. Sebab dalam beberapa waktu sekali, motif perangko akan selalu diubah atau diperbarui.

Belanjakan Uang untuk Barang Investasi

Belanja tidak selalu berujung pada pemborosan, jika Anda bisa mengatur segala sesuatunya dengan baik. Selain itu, cobalah membelanjakan uang untuk berbagai barang koleksi yang bisa dijadikan sebagai investasi. Anda akan menikmati hobi belanja dengan menyenangkan dan sekaligus membuka peluang untuk mendapatkan uang yang lebih banyak dari barang-barang yang dibeli.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Romys Binekasri