alexametrics

Sambut Bonus Demografi, Jokowi Janji Bangun 3.000 BLK Tahun Depan

20 Februari 2019, 16:22:13 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana membangun 3.000 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas lagi tahun depan. Tahun ini, rencananya 1.000 BLK akan dibangun.

“Saya tadi sudah sampaikan ke Pak Menteri 1.000 itu jumlah yang masih sedikit. Tahun depan minimal 3.000 harus terbangun karena jumlah ponpes kita ini 29 ribu di seluruh Tanah Air. Ya kalau hanya 1.000 (BLK), 29 tahun lagi nanti bar rampung,” ujarnya di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (20/2).

Jokowi mengatakan, jumlah itu bakal naik lagi dua kali lipat di tahun-tahun berikutnya. Menurut dia, peningkatan itu dilakukan guna mengantisipasi bonus demografi yang dialami Indonesia dalam 5-10 tahun ke depan.

“Ini bisa merupakan keuntungan besar dalam bersaing dengan negara lain tapi kalau kita tidak bisa mengelola ini juga bisa jadi masalah besar bagi kita,” jelas dia.

“Oleh sebab itu, mulai sekarang harus siap-siap kita menyongsong bonus demografi itu karena akan banyak angkatan kerja yang muncul, anak-anak muda yang produktif tapi jangan sampai yang produktif ini tidak memiliki keterampilan, kualifikasi yang baik,” tambahnya.

Mantan Wali Kota Solo itu menambahkan, kehadiran BLK itu diharapkan dapat mendukung peningkatan jumlah angkatan kerja. Melalui BLK tersebut, Presiden Jokowi juga berharap kualitas sumber daya manusia (SDM) di dalam negeri akan semakin meningkat.

“Saya melihat ini lebih efektif  dalam menciptakan angkatan kerja terampil, berkualitas. Akan lebih cepat dan lebih baik dan langsung ke dalam Ponpes,” tandas dia.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Hana Adi


Close Ads
Sambut Bonus Demografi, Jokowi Janji Bangun 3.000 BLK Tahun Depan