alexametrics

Menaker Sebut Presiden Jokowi Pemimpin yang Dekat Ulama dan Santri

20 Februari 2019, 15:31:49 WIB

JawaPos.com – Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai pemimpin yang dekat dengan kyai dan ulama. Hal itu dibuktikan dengan berbagai apresiasi yang diberikan oleh mantan Wali Kota Solo tersebut.

“Presiden Jokowi adalah pemimpin yang dekat dengan kyai dan ulama, dekat dengan pesantren, akrab dengan santri. Kontribusi santri terhadap tegaknya NKRI diberi apresiasi dan penghargaan oleh beliau yakni dengan dicanangkannya 22 Oktober sebagai Hari santri nasional. Ini pengakuan penting dari negara dan pemerintah kepada kaum santri yang telah berjuang melalui resolusi jihad 1945,” ujarnya di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (20/2).

Selain itu, lanjut Hanif, Presiden Jokowi juga membuat program Bank Wakaf Mikro, skema kredit untuk kalangan pesantren, hingga pembangunan rusunawa pesantren. Menurut dia, kebijakan itu merupakan bentuk apresiasi Jokowi kepada ulama hingga santri.

“Banyak apresiasi lain diberikan pak Jokowi selaku presiden RI kepada para santri dan dunia pesantren. Ada bank wakaf mikro, redistribusi lahan yang meljbatkan pesantren, ada skema kredit untuk kalangan pesantren agar tumbuh menjadi wirausahawan baru, ada pembangunan rusunawa pesantren dan banyak keberpihakan lain pak Jokowi kepada kyai, santri, dan dunia pesantren, tentu tanpa mengesampingkan komunitas masyarakat yang lain,” tuturnya.

Terobosan terbaru, lanjut dia, adalah pembanganan Balai Latihan Kerja (BLK) berbasis pesantren pada tahun ini. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) para santri.

“Pak Jokowi paham betum bahwa dulu orang mondok di pesantren itu gratis. santri numpang makan di rumah kyai. Konsekuensinya selain mengaji, Santri harus bantu kegiatan ekonomi kyai. Kyai berdagang, santri juga berdagang. Kyai bertani, santri ikut bertani. Dampaknya bagus, selesai dari pesantren santri tak hanya menguasai ilmu agama, dia juga menguasai ilmu berdagang, bertani dan lain-lain,” jelas dia.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Hana Adi


Close Ads
Menaker Sebut Presiden Jokowi Pemimpin yang Dekat Ulama dan Santri