alexametrics

Tantangan Perekonomian 2022, Jokowi: Kelangkaan Pangan Hingga Inflasi

20 Januari 2022, 14:32:22 WIB

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut, tahun ini akan menjadi momentum pemulihan ekonomi seiring dengan makin terkendalinya pandemi Covid-19, meski muncul varian Omicron yang harus diwaspadai.

“Tahun ini harus memberikan keyakinan, memberikan kepercayaan yang lebih besar pada masyarakat dan kepada para pelaku usaha, untuk segera melanjutkan aktivitas ekonomi dan aktivitas aktivitas produktif lainnya,” kata Jokowi secara virtual, Kamis (20/1).

Jokowi mengungkapkan, meskipun kinerja ekonomi sektor riil terus membaik namun harus tetap bersikap waspada terhadap perkembangan pandemi Covid-19 terutama hadirnya varian Omicron dan juga dinamika ekonomi global yang penuh ketidakpastian.

“Kelangkaan pangan, kelangkaan energi, kelangkaan kontainer, kenaikan inflasi, kenaikan harga produsen, saya kira persoalan-persoalan itu harus terus kita ikuti karena dampaknya pasti ada terhadap negara kita,” ungkapnya.

Jokowi mengatakan, indikator-indikator ekonomi terus menunjukkan perbaikan, sehingga stabilitas perekonomian dan sistem keuangan tetap harus terjaga dengan baik. “Kita memiliki pondasi yang kuat untuk melakukan akselerasi pemulihan,” imbuhnya.

Pemerintah sendiri, kata Jokowi, sedang berupaya mencegah lonjakan kasus Covid-19 agar tidak mengganggu pemulihan dengan melanjutkan program vaksinasi.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads