alexametrics

Jokowi Minta Porsi Akses Pembiayaan UMKM Diperbesar

20 Januari 2022, 14:38:38 WIB

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta agar industri jasa keuangan juga memberikan akses pembiayaan bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sebab meski jumlahnya besar, porsi kredir pelaku UMKM di perbankan hingga saat ini masih berubah.

“Saya sampaikan di kisaran 20 persen aja. Ini sudah saya sampaikan 3-4 kali,” kata Jokowi, Kamis (20/1).

Jokowi berharap, target Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2024 dapat mencapai 30 persen porsi untuk UMKM dapat terealisasi. Namun, untuk dapat sampai ke angka tersebut, tidak bisa hanya mengandalkan pertumbuhan alamiah. Sehingga, perlu strategi yang harus dijalankan dengan terobosan-terobosan dari sekarang

“Tidak boleh lagi ada cerita UMKM kesulitan akses kredit, kesulitan akses permodalan, atau koperasi yang sulit mengakses permodalan,” ungkap Jokowi.

Jokowi berharap, kemudahan akses pembiayaan dapat menciptakan peluang yang lebih besar bagi generasi muda yang memulai UMKM. Ia menambahkan, UMKM bisa menjadi komponen penting untuk memulihkan perekonomian dan berperan mengatasi persoalan akibat tingginya tren kenaikan permintaan yang belum mampu dipenuhi oleh para pemasok.

“keberhasilan UMKM bertransformasi saat pandemi dapat menjadi modal awal yang penting untuk membawa mereka naik kelas ke tingkat ke level yang lebih tinggi dan menjadi motor penggerak pemulihan ekonomi yang sedang kita lakukan,” pungkasnya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads