JawaPos Radar | Iklan Jitu

Arus Modal Deras Pada Investasi Saham, Kapitalisasi Naik 1,38 Persen

20 Januari 2019, 18:30:59 WIB
Arus Modal Deras Pada Investasi Saham, Kapitalisasi Naik 1,38 Persen
IHSG (Dery Ridwansah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pekan ketiga memasuki gerbang tahun politik 2019 pasar saham masih menggeliat dengan performa yang positif. Saat ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang ditutup dengan peningkatan sebesar 1,36 persen ke level 6.448,16 dari 6.361,46 pada penutupan pada pekan sebelumnya. 

Menurut data Bank Indonesia juga menyebut, pasar saham juga menyumbang aliran modal asing ke dalam negeri (capital inflow) hingga per 17 Januari 2019 sebesar Rp 14,75 triliun. Dari keseluruhan dana tersebut, paling banyak masuk ke instrumen Surat Berharga Negara (SBN) sebesar Rp 11,48 triliun dan ke pasar saham sebesar Rp 3,21 triliun.

Analis PT Binaartha Sekuritas Nafan Aji mengatakan, para investor mempertimbangkan pasar saham Indonesia menjadi ladang investasi yang cukup menarik karena memandang pemerintah mampu menjaga kinerja perekonoman nasional dengan baik.

Meskipun tahun ini akan diwarnai oleh pesta demokrasi serentak dari pemilihan legislatif (Pileg) hingga pemilihan Presiden (Pilpres), para investor meyakini perpolitikan Indonesia akan berlangsung kondusif.

“Masih cenderung stabil, jadi mereka percaya diri investasi saham Indonesia. Pemerintah mampu menjaga politik dan keamanan menstimulus kinerja ekonomi di Indonesia. Investor tetap nyaman dan percaya diri,” ujarnya kepada Jawapos.com, Minggu (20/1).

Selain itu, lanjutnya, para investor asing juga memandang potensi investasi Indonesia masih menarik dengan adanya rating investment grade yang cukup baik.

“Jadi asing juga akan net buy tahun ini. Dengan adanya investment gade dari lembaga rating internasional  juga merupakan suatu yang patut di apresiasi  dari sisi peran pemerintah menjaga stabilitas,” tuturnya.

Divisi Komunikasi Bursa Efek Indonesia (BEI) Hani Ahadiyani mengatakan, sejalan dengan IHSG, nilai kapitalisasi bursa juga mengalami peningkatan sebesar 1,38 persen menjadi sebesar Rp7.317,97 triliun dari Rp7.218,11 triliun pada penutupan pekan sebelumnya.

“Data rata-rata perdagangan harian juga ditutup positif pada pekan lalu,” ujarnya seperti dikutip Minggu (20/1).

Rata-rata volume transaksi harian Bursa Efek Indonesia (BEI) mengalami peningkatan sebesar 1,47 persen menjadi 12,95 miliar unit saham dari 12,76 miliar unit saham dari pekan sebelumnya. 

Kemudian rata-rata nilai transaksi harian BEI juga mengalami peningkatan sebesar 1,73 persen menjadi Rp9,35 triliun dari Rp9,19 triliun pada penutupan pekan sebelumnya dan untuk rata-rata frekuensi transaksi harian BEI mengalami peningkatan sebesar 1,27 persen menjadi 491,54 ribu kali transaksi dari 485,37 ribu kali transaksi dari pekan lalu. 

Pada pekan lalu, investor asing mencatatkan beli bersih sebesar Rp6,39 triliun dan sampai dengan pekan ketiga di tahun 2019 investor asing mencatatkan beli bersih sebesar Rp 10,43 triliun.

Editor           : Saugi Riyandi
Reporter      : Romys Binekasri

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up