JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kemenhub Imbau Pemudik Istirahat Setiap Empat Jam Saat Nataru

19 Desember 2018, 09:20:48 WIB
Kemenhub Imbau Pemudik Istirahat Setiap Empat Jam Saat Nataru
Ilustrasi arus mudik (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Musim libur Natal dan Tahun Baru akan segera dimulai. Pada momen tersebut, masyarakat akan memanfaatkannya untuk berwisata maupun pulang ke kampung halaman.

Kondisi itu akan membuat sejumlah ruas tol akan menjadi sorotan, khususnya di Tol Jakarta-Cikampek hingga Cirebon-Surabaya.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan, kedua ruas titik tol itu setiap tahunnya berpotensi terjadi kepadatan hingga kecelakaan. Pasalnya, pada saat pemudik sampai di ruas Tol Tegal, Pemalang dan seterusnya, kelelahan mulai melanda.

Oleh karena itu, pihaknya akan memberikan imbauan kepada masyarakat agar berisitirahat minimal empat jam setelah perjalanan. Hal itu untuk menghindari kecelakaan akibat kelelahan.

"Minimal mengimbau setiap perjalanan jauh empat jam masyarakat itu harus istirahat. Mau capek atau tidak harus istirahat," ujarnya dalam konferensi pers di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (18/12) kemarin.

Selain itu, pihaknya juga meminta para pemudik agar tidak mengandalkan rest area hanya pada jalur tol saja. Sebab, sejumlah rest area di jalur nasional juga sudah disiapkan pemerintah.

"Jadi rest area ada di kota, atau masyarakat keluar dari Brebes Timur ke Tegal. Makan, solat, itu bisa disitu," ungkap Budi.

"Saya ingin membiasakan bahwa rest area bukan yang hanya di jalan tol. Kalau penuh kita bisa keluar di dekat sana, kemduian masuk lagi selesai istirahat," tandasnya.

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : (hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini