alexametrics
JawaPos Radar | Iklan Jitu

Besok, Tol Semarang-Pasuruan Diresmikan Jokowi

Jasa Marga Pastikan Laik Operasi

19 Desember 2018, 15:00:22 WIB
Besok, Tol Semarang-Pasuruan Diresmikan Jokowi
Ilustrasi (Dok. JawaPos.Com)
Share this

JawaPos.com - Pada Kamis (20/12) besok Presiden Joko Widodo meresmikan bagian dari Tol Trans Jawa segmen Wilangan-Kertosono. Tol itu memiliki panjang jalan 37,9 kilometer. Dikerjakan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Kehadiran Jalan tol dapat mengurangi jarak dan waktu tempuh, mengurai kemacetan, sehingga terjadi penghematan konsumsi BBM.

"Setelah diresmikan presiden, rencana 20 (Desember) dibuka presiden, malam langsung dibuka," kata Direktur Operasi II Jasa Marga Subakti Syukur, Selasa (18/12).

Jasa Marga telah menyiapkan Tol Trans Jawa dengan 61 titik tempat istirahat (rest area) berbagai macam tipe, lengkap dengan zona UMKM yang menyediakan kuliner serta oleh-oleh khas daerah setempat. Adapun Jasa Marga dan Waskita Karya telah melakukan sinergi BUMN berupa kerja sama pengadaan SPBU Pertamina di 18 titik rest area.

Subakti mengatakan meski masih dioperasikan secara fungsional tanpa tarif bukan berarti tidak ada uji kelaikan operasi. Ruas tol belum ditarifkan sebab ada uji coba dalam beberapa waktu tertentu. 

"Bukan fungsional seperti lebaran, karena ini jalan tol yang sudah layak operasi, sudah keluar sertifikat layak operasi. Nanti semua trans Jawa sudah layak operasi, pada saat Nataru memang belum bertarif. Karena tol kalau beroperasi kan ada uji coba. Nanti bertarif setelah waktu tertentu," kata Subakti.

Selain Wilangan-Kertosono, Presiden juga bakal meresmikan empat ruas tol lainnya yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa segmen Batang-Pasuruan, diantaranya Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer (Km), Semarang- Solo Segmen Salatiga-Kartasura sepanjang 31 Km, Ngawi-Kertosono-Kediri Segmen Wilangan-Kertosono 37,9 Km, Gempol-Pasuruan Segmen Pasuruan-Grati sepanjang 14 Km.

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : (uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini