alexametrics

Arya Sinulingga: Tokoh-tokoh Baru di BUMN Naikkan Kepercayaan Publik

19 November 2019, 14:15:32 WIB

JawaPos.com – Utak-atik susunan direksi di lima BUMN strategis akan dirampungkan akhir tahun ini. Kementerian BUMN menargetkan penetapan direksi di PLN, Pertamina, Bank Mandiri, BTN, dan MIND ID (Inalum) dilakukan pada Desember.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyatakan, banyak orang atau tokoh yang akan direkrut untuk memperkuat perusahaan pelat merah di Indonesia. “Jadi, ini akan membangun kepercayaan publik terhadap BUMN karena yang kita tarik adalah tokoh-tokoh yang diakui kredibilitasnya,” katanya, Senin (18/11).

Salah satu nama yang santer dibicarakan masuk jajaran petinggi BUMN adalah Chandra Hamzah yang pernah menjabat komisioner KPK. Menurut Arya, Chandra akan menduduki posisi di BUMN perbankan.

Tetapi, dia enggan membeberkan lebih jauh apakah di Bank Mandiri atau BTN. Saat ini kursi direksi dua bank BUMN tersebut masih lowong. Arya mengungkapkan, Menteri BUMN Erick Thohir telah memiliki sejumlah kualifikasi bagi calon pimpinan BUMN. Misalnya, integritas.

“Integritas pribadi dicek, diterima masyarakat dengan baik,” imbuhnya.

Chandra yang datang menaiki skuter matik besutan Italia, Piaggio, bertemu Erick Thohir dengan didampingi Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo pada pukul 09.00 WIB. Pertemuan selama dua jam tersebut membahas persoalan hukum yang menghambat BUMN untuk terus maju serta pembenahan untuk meminimalkan korupsi dalam jabatan BUMN.

Sayang, mantan komisaris utama PLN tersebut enggan menjawab mengenai jabatan yang ditawarkan kepada dirinya. “Pak Menteri menyampaikan salah satu yang penting adalah integritas. Jadi, jangan sampai BUMN dijadikan bancakan atau terjerat kasus korupsi lagi,” katanya seusai pertemuan.

Setelah Chandra, Rizal Mallarangeng juga merapat ke Kementerian BUMN. Sebelum Chandra, salah satu sosok yang gencar diperbincangkan untuk menjadi calon pimpinan BUMN adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Mantan gubernur DKI Jakarta tersebut diproyeksikan masuk ke PLN atau Pertamina. Bersih-bersih BUMN memang gencar dilakukan Erick Thohir. Pihaknya mencopot semua jabatan deputi dan sekretaris menteri di Kementerian BUMN.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (vir/c19/oki)



Close Ads