JawaPos Radar

Menko Darmin: Ekonomi Tiongkok Melorot Pengaruhi Indonesia

19/10/2018, 18:17 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Menko Darmin: Ekonomi Tiongkok Melorot Pengaruhi Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. (Dok. JawaPos.Com)
Share this

JawaPos.com - Kuartal III-2018 menjadi catatan negatif bagi perekonomian Tiongkok. Sebab, pertumbuhan ekonomi mereka turun menjadi 6,5 persen. Lebih rendah dibanding kuartal sebelumnya yang sebesar 6,7 persen.

Selain itu, capaian tersebut di bawah target yang ditetapkan sebesar 6,6 persen. Penurunan pertumbuhan itu terjadi karena dampak dari perang dagang dengan Amerika Serikat (AS).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, pelemahan pertumbuhan ekonomi juga akan berdampak ke Indonesia. Meski tidak terasa signifikan, namun dampaknya akan dirasakan di kemudian hari.

"Tentu ada lah dampaknya tetapi tidak langsung sekarang juga tapi ke depannya paling-paling," ujarnya di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (19/10).

Darmin menjelaskan, dampak itu dirasakan Indonesia lantaran Negeri Tirai Bambu banyak mengimpor sejumlah komoditas dari dalam negeri. Meski merasakan dampaknya, Darmin menyakini tidak akan terlalu signifikan bagi perekonomian Tanah Air. 

"Pertumbuhan kita akan terpengaruh sedikit banyak tapi ya mungkin enggak terlalu besar, trade war ini kan dampaknya agak besar dan kita dampaknya nggak langsung," jelas dia. 

Untuk sementara ini, pertumbuhan ekomomi diperkirakan akan tetap tercatat positif. Namun, dia tidak bisa menjelaskan lebih jauh lantaran Badan Pusat Statistik (BPS) belum mengumumkan capaian tersebut.

"Ya ada lah pengaruhnya tapi saya percaya kecil lah," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up