JawaPos Radar

Indeks Daya Saing RI Kalah Dari Singapura, Ini Kata Menko Darmin

19/10/2018, 17:31 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Indeks Daya Saing RI Kalah Dari Singapura, Ini Kata Menko Darmin
Menko Perekonomian Darmin Nasution (Miftahul Hayat/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - World Economic Forum (WEF) telah merilis indeks daya saing negara-negara di dunia. Dalam data yang dirilis, Indonesia naik dua peringkat dari sebelumnya 47 menjadi 45 dari 140 negara.

Namun, posisi Indonesia masih kalah jauh dibanding dengan posisi Singapura yang berada di posisi kedua kategori wilayah Asia Tenggara.

Menanggapi hal itu, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, meski posisi Indonesia masih belum sebaik Singapura, namun menanjaknya Tanah Air ke posisi 45 sudah menjadi catatan yang baik dalam daya saing.

"Iya (memang) kalah, masa kamu mau bersaing dengan Singapura negara kecil begitu. tapi kan artinya ada perbaikan pelan-pelan walaupun tidak menanjak banget tapi membaik," ujarnya di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (19/10).

Darmin mengungkapkan, pemerintah terus berusaha melakukan perbaikan dari berbagai aspek. Salah satunya perbaikan pada sistem perizinan yang masih berbelit. Kehadiran Online Single Submission (OSS) diharapkan dapat membantu memperbaiki penilaian terhadap indeks daya saing dalam negeri.

"Jadi kita masih terus melakukan perbaikan termasuk oss, macam-macam tetapi kalau soal daya saing itu tidak di situ hitungnya. Banyaknya dihitung di daya saing di dalam, tenaga kerja, kayak-kayak gitu, faktor-faktornya," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up