alexametrics

Antisipasi Kekeringan, Si Panah Merah Donasikan Sumur untuk Petani

19 September 2021, 23:41:49 WIB

JawaPos.com – Gerakan pemulihan ekonomi warga terdampak pandemi Covid-19 di sektor pertanian terus dilakukan pemerintah. Untuk mempercepta program tersebut, kalangan swasta pun ikut ambil bagian.

Salah satunya adalah, PT East West Seed Indonesia (Ewindo) produsen benih sayuran ‘Cap Panah Merah’ yang ikut mendonasikan sumur, kamar mandi umum, fasilitas cuci tangan serta masker kesehatan bagi petani di Desa Patia, Kabupaten Pandeglang, Banten. Bantuan ini diprioritaskan bagi sekitar 30 Kepala Keluarga petani dan penduduk sekitar yang benar-benar membutuhkan dukungan.

Deputy Seed Operation Director Ewindo, Joko Sareh Utomo, mengatakan program ini adalah bagian dari perwujudan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat, khususnya para petani produsen benih hortikultura mitra Ewindo di Pandeglang.

“Pemberian bantuan ini sebagai salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada petani mitra kita di Pandeglang, Banten. Tujuannya, agar petani mendapatkan akses air bersih dalam mengantisipasi kejadian kekeringan dan mengoptimalkan potensi wilayah mereka. Selain itu, kegiatan pendampingan dan pembinaan akan terus kami lakukan,” ujar Joko dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com, Minggu (19/9).

Menurut Joko, perusahaannya saat ini telah bekerja sama dengan 17.000 petani produksi benih di Jawa Timur, Banten dan Lampung yang mana hasil panen petani diserap secara langsung oleh perusahaan. Selain itu, Ewindo juga membina sekitar 7 juta petani sayuran di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, perusahaan membantu pembangunan jembatan di Banyuwangi yang membuat akses petani lahan pertanian semakin mudah. Termasuk juga telah bekerja sama dengan Universitas Jember untuk mengolah sisa hasil ekstraksi dari pertanian produksi, berupa sekitar 3,000 ton labu yang diolah menjadi berbagai produk.

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads