alexametrics

Tembus Rp 14.400, Gubernur BI Berharap Rupiah Menguat Lagi

19 Juli 2018, 17:01:53 WIB

JawaPos.com – Nilai tukar Rupiah kembali melemah pada hari ini. Berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), Rupiah berada di level Rp 14.418 per USD, melemah 12 poin dibanding hari sebelumnya yang sebesar Rp 14.406 per USD.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan, Rupiah pada pertengahan bulan ini melemah 5,81 persen dibandingkan dengan level di akhir 2017.

Menurutnya, pelemahan itu masih lebih rendah dibanding dengan pelemahan mata uang negara berkembang lain seperti Filipina, India, Afrika Selatan, Brasil dan Turki.

“Ke depan, Bank Indonesia terus mewaspadai risiko ketidakpastian pasar keuangan global dengan tetap melakukan langkah-langkah stabilisasi nilai tukar sesuai fundamentalnya,” ujarnya di Kantor Pusat BI, Jakarta, Kamis (19/7).

Selain itu, pihaknya juga tetap menjaga mekanisme pasar dan didukung upaya-upaya pengembangan pasar keuangan. Harapannya, Rupiah akan bisa kembali menguat seperti awal Juli 2018.

“Rupiah menguat di awal Juli 2018 sebagai respons positif pelaku pasar atas kebijakan moneter BI yang pre-emptive, front loading dan ahead the curve pada RDG Juni 2018 yang menaikkan BI 7 Days Repo Rate sebesar 50 bps,” tuturnya.

“Kami akan tetap melakukan kebijakan ditopang oleh strategi intervensi ganda dan strategi moneter untuk menjaga kecukupan likuiditas khususnya di pasar uang Rupiah dan pasar swap antar bank,” tandasnya. 

 

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : (hap/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

Tembus Rp 14.400, Gubernur BI Berharap Rupiah Menguat Lagi