JawaPos Radar

Tingkatkan Produksi Pangan, Mentan Siap Optimalkan 4 Juta Hektar Lahan Tidur

19/07/2016, 20:41 WIB | Editor: Mochamad Nur
Tingkatkan Produksi Pangan, Mentan  Siap Optimalkan 4 Juta Hektar Lahan Tidur
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Dok JPNN)
Share this

JawaPos.com- Pemerintah siap menggarap 4 juta  lahan tidur di Indonesia menjadi  lebih produktif untuk mendorong produksi pertanian sejumlah komoditas pangan di Indonesia. 

Langkah optimalisasi lahan ini diharapkan bisa dituntaskan hingga akhir 2018.

“Kita mau empat juta hektare lahan yang kurang produktif bisa dioptimalkan. Itu akan kita lakukan dengan memanfaatkan angaran yang ada,” ujar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman  saat memberikan bantuan alat pertanian di Serang, Selasa  (19/7).

Data kementrian pertanian mencatat lahan seluas itu hanya bisa ditanam sekali setahun. “Enam bulan ditanam dan berproduksi. Enam bulan lagi jadi lahan tak produktif,” ungkapnya.

Hal itu menyebabkan sektor pertanian tidak menarik karena tidak memberikan pendapatan yang baik bagi petani. 

Pemerintah berharap petani yang sebelumnya hanya berproduksi sekali dalam setahun, bisa menjadi dua kali setahun sehingga pendapatannya meningkat.

Sejumlah langkah disiapkan,  diantaranya dengan memperbaiki  infrastruktur pertanian, seperti perbaikan irigasi yang selama ini rusak tak terurus.

Pemerintah juga menyiapkan dana yang cukup besar lewat Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) dengan membangun sejumlah bendungan. 

“Paling tidak kita siapkan embung (sarana penyimpan air) untuk memastikan ketersediaan pasokan air di lahan tadah hujan,” imbuh Amran.

Menurutnya, pemerintah terus bekerja untuk memastikan kesejahteraan rakyat bisa terus ditingkatkan. Langkah itu dilakukan dengan mengatur pasokan bahan pangan di dalam negeri.

“Kalau pasokan minim ya harus diimpor. Tapi, kalau lagi banyak ya ngak perlu impor. Bahkan, kalau perlu kita ekspor,” katanya.

Semua langkah itu, katanya, untuk memberikan kesejahteraan kepada petani yang  merupakan profesi terbesar di Indonesia saat ini.

Dalam kesempatan kunjungan ke Serang, Mentan  memberikan bantuan  bibit, pupuk, pestisida dan sejumlah alat pertanian mulai dari traktor tangan,  pompa air dan sejumlah alat pertanian lainnya.(nas/JPG) 

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up