alexametrics

Konsumen Maklumi Pembatasan Pembelian Kebutuhan Pangan

19 Maret 2020, 17:20:31 WIB

JawaPos.com – Tidak ada kendala berarti pada hari pertama pemberlakuan pembatasan pembelian sejumlah komoditas pangan. Di gerai-gerai ritel modern, pemberitahuan pembatasan tersebut dipajang di rak displai hingga kasir.

Ketua Koordinator Wilayah Timur I Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) April Wahyu Widati menuturkan, seluruh ritel modern yang tergabung dalam Aprindo mulai melaksanakan secara serentak pemberlakuan pembatasan pembelian kemarin. ”Memang tidak sejak pagi, ada peritel yang baru menginformasikan kepada konsumen siang hari. Karena belum menyiapkan materi untuk dipajang di rak maupun di kasir. Tapi, malam ini (tadi malam, Red) sudah semua,” jelasnya kemarin (18/3).

Saat diberlakukan pembatasan pembelian, tidak ada kendala. ”Artinya, customer memahami pemberlakuan pembatasan itu untuk kebaikan bersama,” lanjut dia. Meski demikian, sosialisasi terkait pembatasan tersebut harus terus dilakukan. Terutama dari Satgas Pangan untuk segera menyosialisasikan aturan tersebut kepada peritel di luar anggota Aprindo, termasuk di pasar. Sebab, mereka juga termasuk yang harus mengikuti aturan tersebut.

”Karena tujuan pembatasan untuk pemerataan agar tidak terjadi panic buying dan masuknya spekulan. Sehingga masyarakat atau customer memperoleh jaminan untuk mendapatkan produk komoditas tersebut dengan rasa aman dan tersedia di semua ritel,” paparnya.

Sementara itu, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo bersama Satgas Pangan Polri mengunjungi Pasar Induk Cipinang dan PT Food Station Tjipinang kemarin (18/3). Mereka ingin mengecek stok pangan di tengah maraknya wabah Covid-19.

Hasilnya, stok beras aman hingga dua bulan ke depan. Apalagi, sebentar lagi memasuki masa panen raya. ’’Stok Bulog ditambah hasil panen raya tentunya membuat ketersediaan beras sangat aman,” jelasnya.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Ilham Safutra

Reporter : res/agf/idr/c10/c7/fal/oni

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads