alexametrics

Jajal MRT, Jokowi: Wah Antusiasme Masyarakat Sangat Besar

19 Maret 2019, 16:28:00 WIB

JawaPos.com – Presiden Joko Widodo baru saja menjajal Mass Rapid Transit (MRT) dari Bundaran HI ke Lebak Bulus, Selasa (19/3). Jokowi semringah karena antusiasme masyarakat begitu besar terhadap moda transportasi baru yang juga sudah dimiliki oleh negara-negara tetangga lainnya.

“Ini MRT antusiasmenya sangat besar,” ujarnya di dalam gerbong MRT.

Hal itu memang tampak dari padatnya masyarakat yang memenuhi Halte Bundaran HI. Entah karena mereka tahu Jokowi akan mencoba MRT, atau memang mereka sudah jauh-jauh hari merencanakan untuk menjajal MRT. Sebagai informasi, masyarakat umum memang diperbolehkan menaiki MRT selama masa uji coba.

Jajal MRT, Jokowi: Wah Antusiasme Masyarakat Sangat Besar
Ibu negara Iriana Jokowi saat melakukan uji coba MRT, Senin (18/3) (Dok. JawaPos.com)

Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengatakan bukan pertama kalinya ia mencoba MRT. Jokowi pun mengapresiasi kualitas MRT fase 1 sepanjang 16 kilometer ini. Dari Bundaran HI ke Lebak Bulus ada 13 halte dengan kapasitas angkut 1.800 orang per trip.

“Kualitasnya sangat baik dengan stasiun jumlahnya cukup banyak. Sekali angkut bisa mencapai 1.800 orang,” ungkapnya.

Jokowi pun menyebut kalau sebetulnya Indonesia sangat terlambat bila karena baru memiliki MRT sekarang. Untuk itu, saat ini para pemerintah daerah tengah melakukan studi kelayakan seperti Palembang, Bandung, Surabaya, serta Makassar.

Meski baru akan meresmikan MRT Jakarta pada 24 Maret 2019, namun Jokowi akan segera melakukan groundbreaking fase kedua pada Minggu (24/3) mendatang. “Ini langsung mulai nanti hari Minggu groundbreaking untuk fase kedua,” tuturnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Uji Sukma Medianti

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Jajal MRT, Jokowi: Wah Antusiasme Masyarakat Sangat Besar