alexametrics

Tingkatkan Peringkat Kemudahan Bisnis, BPJS TK Permudah Pendaftaran

19 Februari 2019, 18:45:56 WIB

JawaPos.com -Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan menggelar sosialisasi kemudahan berbisnis atau EODB (Easy of Doing Business) di Surabaya. Acara yang ditujukan untuk konsultan pajak, notaris, dan konsultan hukum ini diselenggarakan di JW Marriot Hotel, Surabaya.

Direktur Perencanaan Strategis & TI BPJS Ketenagakerjaan Sumarjono mengatakan hal ini dilakukan untuk meningkatkan peringkat EODB Indonesia. “Ini dilakukan untuk mendorong investasi yang masuk ya ke Indonesia,” ucapnya, Selasa (19/2).

BPJS Ketenagakerjaan sendiri untuk mendorong EODB telah melakukan penyederhanaan layanan bagi pengusaha baru. Adanya online single submission (OSS) kini juga bisa digunakan untuk mendaftarkan keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan. Dengan pendaftaran yang lebih mudah ini diharapkan dapat mendorong pengusaha untuk berbondong-bondong mendaftarkan keanggotaannya. 

EODB sendiri merupakan program dari World Bank yang menilai regulasi dan kebijakan pemerintah untuk mempermudah melalukan usaha di negara tersebut. Adanya EODB ini diharapkan dapat menciptakan kebijakan yang efisien dan mendorong mudahnya berbisnis di wilayah tersebut. 

Saat ini, Indonesia berada di peringkat 73 dari 190 negara. Ke depannya, peringkat Indonesia diharapkan dapat naik ke peringkat 40. (ell)

Editor : Teguh Jiwa Brata



Close Ads
Tingkatkan Peringkat Kemudahan Bisnis, BPJS TK Permudah Pendaftaran