alexametrics

OJK Perkuat Kerja Sama Dengan Kemendagri dan PPATK 

19 Februari 2019, 14:12:01 WIB

JawaPos.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) taken kerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) kemarin (19/02) di Gedung Chandra Kompleks Bank Indonesia (BI). OJK berupaya terus memperkuat tugas dan  kewenangannya dalam memajukan industri jasa keuangan serta mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang melalui kerja sama ini. 

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumulo dan Ketua PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin menjadi penandatangan Nota Kesepahaman tiga lembaga tersebut. Dalam sambutannya Wimboh mengatakan OJK perlu melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengoptimalkan fungsi dan tugas dalam pengaturan dan pengawasan pengawasan sektor jasa keuangan serta edukasi dan perlindungan konsumen keuangan.

“Untuk bisa efektif dan efisien, kami harus berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Mahkamah Konstitusi dan juga PPATK,” paparnya.

Nota Kesepahaman OJK dan Kemendagri ini merupakan pembaruan dari kesepahaman sebelumnya yaitu tentang “Pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan, Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk Elektronik Dalam Lingkup Tugas Otoritas Jasa Keuangan” dan tentang “Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan Serta Perlingdungan Konsumen Melalui Optimalisasi Peran Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah”. 

Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin mengatakan kerja sama selama ini telah baik dan solid antara PPATK dan OJK. Kerja sama ini langkah dalam rangka mencegah. “Kami menyambut baik perpanjangan MoU yang didalamnya atur pertukaran informasi yang sangat rahasia,” paparnya.

Editor : Teguh Jiwa Brata



Close Ads
OJK Perkuat Kerja Sama Dengan Kemendagri dan PPATK