alexametrics
JawaPos Radar | Iklan Jitu

Masih Bandel? Kemenhub Ancam Tutup Aplikasi Milik Aplikator Nakal

18 Desember 2018, 18:31:29 WIB
Masih Bandel? Kemenhub Ancam Tutup Aplikasi Milik Aplikator Nakal
Ilustrasi (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah menandatangani peraturan menteri perhubungan (permenhub) pengganti peraturan menteri (PM) 108 tentang penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Beleid ini hanya tinggal menunggu penomoran saja.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan, bila aturan itu sudah terbit, pihak aplikator wajib menjalankannya. Apabila masih masih membandel, pihaknya mengancam akan memberikan sanksi tegas. 

"Kita mengacu pada UU ITE. Kalau ada kenakalan dari pihak aplikator itu bisa menutup (aplikasinya). Tapi salah satu kenakalan itu saat aplikator tidak bisa mematuhi aturan kita. Atau saat sudah ditentukan tarifnya mereka tidak mematuhi di batas atas dan batas bawah yang ditentukan," ujarnya dalam konferensi pers di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (18/12).

Meski memberikan ancaman, Dirjen Budi akan memberikan surat peringatan terlebih dahulu. Surat itu nantinya akan disampaikan kepada pihak aplikator dan Kementerian Kominfo.

Mendati demikian, pihaknya optimis pihak aplikator tidak akan membandel. Apalagi, aplikator taksi online saat ini merupakan perusahaan raksasa yang memiliki pangsa besar.

"Tapi saya kira ini pertimbangan yang masak-masak. Ini bukan perusahaan kecil, jadi akan kita sampaikan terus. Kita akan libatkan pihak ketiga atau konsultan untuk mengawasi, ini independen," tandasnya.

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : (hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini