JawaPos Radar | Iklan Jitu

Jelang Nataru, Kemenhub Temukan 6.092 Bus Tidak Laik Jalan

18 Desember 2018, 19:47:35 WIB
Jelang Nataru, Kemenhub Temukan 6.092 Bus Tidak Laik Jalan
Ilustrasi (Dok. JPNN / Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus melakukan persiapan menjelang masa angkutan libur natal dan tahun baru (nataru). Salah satunya adalah melakukan ramp check pada moda transportasi bus dan kapal ferry. Hal ini dilakukan guna memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang yang menggunakan moda transportasi tersebut.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mencatat, ada 27.332 bus dari total 49 ribu bus yang dilakukan ramp check. 

Dari upaya tersebut, sebanyak 21.208 bus dinyatakan laik jalan baik secara adiministrasi maupun kinerja. Sementara itu, masih ada 6.092 bus yang tidak laik jalan.

"Yang tidak lulus kita kembalikan dan minta diperbaiki, kalau sudah kita akan ramp check lagi. Ini keseluruhan sudah 65 persen," ujarnya dalam konferensi pers di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (18/12).

Sementara itu dari sisi Kapal Feri, ada 350 kapal yang sudah dilakukan ramp check. Hanya saja, belum ada detil baerapa yang sudah laik jalan lantaran belum dilakukan secara keseluruhan.

"Kami masih punya waktu hingga tanggal 20 untuk melakukan ramp check baik bus maupun Kapal Feri," tandasnya.

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : (hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini