alexametrics

Tujuh Negara Siap Investasi Baterai Listrik di RI

18 September 2021, 11:48:41 WIB

JawaPos.com – Belum usai ingar bingar groundbreaking pabrik baterai listrik, Indonesia akan kedatangan investor selanjutnya. Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia memastikan bakal ada tujuh negara lagi yang siap masuk ke tanah air.

”Jadi, ini sekitar enam atau tujuh negara yang akan masuk ke Indonesia. Makanya, Indonesia akan kita jadikan sebagai negara pusat produsen baterai mobil,” ujarnya pada konferensi pers virtual kemarin (17/9).

Meski belum mau memerinci siapa saja investor tersebut, dia memastikan ada dari Asia Tenggara, Asia, dan Eropa. Salah satu yang dipastikan adalah proyek investasi antara konsorsium BUMN dan investor asal Tiongkok, Contemporary Amperex Technology Co Ltd (CATL). Perusahaan tersebut sudah meneken kontrak investasi pada 2020 dan merealisasikannya tahun ini.

”Perkembangan sementara, CATL proses. Doain insya Allah tahun ini sudah mulai groundbreaking,” katanya.

Sebelumnya, pada Rabu (15/9) dilakukan groundbreaking pabrik industri baterai listrik PT HKML Battery Indonesia di Karawang, Jawa Barat. Proyek tersebut merupakan realisasi investasi konsorsium LG dan Hyundai yang terdiri atas Hyundai Motor Company, KIA Corporation, Hyundai Mobis, dan LG Energy Solution. Pabrik itu menjadi pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia maupun di Asia Tenggara.

”Kita patut bersyukur hari ini (Rabu lalu, Red) bisa menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia, bahkan pertama di Asia Tenggara, dengan nilai investasi USD 1,1 miliar,” tutur Presiden Joko Widodo dalam sambutannya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : dee/c14/ttg




Close Ads