alexametrics

Sandiaga Uno Sebut Memulai Usaha Tak Harus Punya Modal, Ini Kuncinya

18 September 2021, 20:40:41 WIB

JawaPos.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bercerita tentang perjuangannya meniti kesuksesan yang dimulai dari nol. Ia bercerita dulu pernah juga mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dan memutuskan untuk memulai berwirausaha pada 1997 silam.

Sandiaga mengaku, jiwa enterpreneurnya muncul karena keadaan yang memaksa dirinya untuk beradaptasi pada situasi krisis global. Saat memulai pun dirinya tidak banyak berfikir mengenai modal namun hanya fokus pada menjalankan bisnis tersebut.

“Saya pokoknya jalan dulu, just do it. Dan pada saat itu saya menyatakan bahwa entrepreneurship saya ini lahir karena accident. Karena saya terpaksa menjadi pengusaha,” kata Sandiaga dalam acara Wealth Wisdom 2021 secara virtual, Sabtu (18/9).

Menurutnya, apa yang dialaminya tidak jauh berbeda pada kondisi saat ini dimana pelaku ekonomi harus bertransformasi secara digital untuk dapat bertahan hidup dan berkembang. Selain itu, pelaku usaha juga kerap mengeluhkan tentang akses permodalan. Padahal, dari pengalamannya untuk memulai usaha tidak perlu memerlukan modal.

Sandiaga juga mengatakan, dirinya tak ingin menyebut tantangan sebagai penghalang karena menurutnya, kata penghalang akan terasosiasikan dengan sikap pesimis. Ia menyebut, tantangan merupakan peluang.

“Jadi tantangan kita adalah bagaimana kita meningkatkan infrastruktur dari segi jangkauan jaringan. Ekonomi digital ini harus didukung oleh infrastruktur yang handal dan mumpuni,” tegasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads